Seputar Finansial Pendidikan Anak

Merries Insight
23 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
Seputar Finansial Pendidikan Anak

Sekolah yang berkualitas untuk si buah hati tidak harus sekolah yang mahal kan Moms? Sekarang ini banyak sekolah yang menerapkan sistem pendidikan yang kompeten tanpa harus membebankan biaya mahal pada orang tua para siswanya. Bahkan kini banyak sekolah yang menyediakan fasilitas sekolah gratis seperti buku pelajaran gratis, BOS, dll. Meski begitu, Moms harus cermat dalam mengatur biaya pendidikan anak anda karena masa pendidikan yang harus ditempuh oleh anak anda cukup lama dan pastinya tetap membutuhkan biaya pendidikan yang tak sedikit. Apalagi ketika anak anda akan memasuki bangku kuliah.

Nah, berikut terdapat beberapa tips yang berkaitan dengan masalah finansial pendidikan anak:

  • Carilah sekolah yang menerapkan biaya pendidikan yang sesuai dengan kondisi keuangan keluarga anda. Jika anda memiliki beberapa target sekolah yang cocok untuk buah hati anda, pilihlah biaya pendidikan yang terjangkau namun dengan kualitas pendidikan yang baik. Tetapi Moms juga harus melibatkan si kecil ya soal memilih sekolah. Jangan hanya mempertimbangkan soal biaya sekolah yang murah lantas anda mengesampingkan keinginan si kecil.
  • Analisa perkiraan biaya sekolah di masing-masing sekolah incaran anda. Dalam menghitung perkiraan total biaya pendidikan untuk anak, anda harus mengkalkulasi uang masuk, uang gedung, biaya kegiatan, biaya formulir pendaftaran, dan SPP. Jangan hanya tergiur dengan uang SPP yang murah. Coba anda amati apakah ada kenaikan uang SPP tiap tahunnya atau tidak.
  • Jangan jadikan uang sebagai rintangan bagi si kecil untuk meraih cita-citanya. Memang benar, sebagian besar orang tua berusaha untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya meski harus menggelontorkan biaya pendidikan yang sangat mahal. Yang terpenting adalah biaya pendidikan yang telah anda siapkan kiranya dapat mencukupi kebutuhan pendidikan anak anda hingga ke jenjang-jenjang pendidikan selanjutnya. Jangan menyekolahkan anak di TK dan SD terbaik dan termahal, namun di saat si anak akan memasuki jenjang SMP dan SMA, finansial mulai menipis.

Jadi, sebaiknya Moms pertimbangkan kembali soal biaya pendidikan anak anda. sekolah tidak harus mahal, yang terpenting adalah kualitas baik kualitas pendidikan yang anda pilih dan kualitas anak anda kelak.