Seperti Ini Pertumbuhan Gigi Bayi yang Sempurna Moms

Merries Insight
08 Agustus 2016
Tumbuh Kembang
Share
Seperti Ini Pertumbuhan Gigi Bayi yang Sempurna Moms

Salah satu momen luar biasa yang paling ditunggu orang tua dari si kecil adalah tumbuh gigi. Normalnya, di usia 4-6 bulan, si kecil sudah memiliki sepasang gigi yang tumbuh dibagian depan. Lantas, seperti apa sih pertumbuhan gigi yang sempurna?

FYI Moms, sebenarnya cikal bakal gigi sendiri sudah mulai terbentuk sejak bayi berusia 6 minggu, dimana bentuknya berupa tonjolan yang membentang di sepanjang rahang atas dan bawah. Hingga akhirnya, gisi susu si kecil dikatakan sempurna dengan formasi 20 pasang dibagian atas dan bawah.

Agar Moms bisa mempersiapkan momen spesial ini, berikut merupakan urutan pertumbuhan gigi si kecil yang ideal berdasarkan usia si kecil.

Usia 4-6 bulan

Diusia 4-6 bulan, umumnya si kecil sudah mulai memiliki dua buah gigi seri di bagian bawah tengah gusi. Walaupun begitu, tumbuhnya gigi pertama ini tidak akan sama. Beberapa anak ada yang sudah memilikinya sejak usia 4 bulan, tapi ada juga yang baru memilikinya saat berusia 6 bulan.

Usia 8-10 bulan

Setelah gigi tumbuh dibagian bawah, di usia 8-10 bulan si kecil dapat hadiah baru, yakni tumbuhnya gigi 2 gigi lainnya dibagian atas tengah gusi. Sama seperti ketika tumbuhnya gigi pertama, ada anak yang baru memilikinya di usia 8 bulan, ada pula yang baru muncul saat usianya 10 bulan.

Usia 10-13 bulan

Diusia ini, si kecil kembali dapat hadiah berupa tumbuhnya dua buah gigi. Umumnya, letaknya berada di samping gigi seri bagian atas yang sudah tumbuh lebih dulu.

Usia 13-14 bulan

Melanjutkan tren positif sebelumnya, si kecil kembali mendapatkan dua buah gigi seri lainnya yang berada di bagian tengah bawah gusi.

Usia 14-16 bulan

Setelah fase tumbuh 2 buah gigi per dua bulan, kini si kecil sudah masuk tahap penyempurnaan, dimana di usia ini si kecil akan dibekali dengan 4 buah gigi geraham bagian atas dan bawah. Biasanya, ada jarak antara gigi seri dengan gigi geraham si kecil. Jangan kaget, ini normal kok Moms!

Usia 16-23 bulan

Nah buat Moms yang sempat bingung kenapa ada celah antara gigi geraham dan gigi seri si kecil. Ternyata posisi ini akan dihuni dengan gigi taring. Awalnya, si kecil akan diberi dua buah gigi taring dibagian bagian atas, kemudian disusul gigi taring lainnya di bagian bawah.

Usia 23-33 bulan

Di usianya sekarang, pertumbuhan gigi si kecil sudah mulai disempurnakan dengan tumbuhnya gigi geraham kedua atau geraham utama. Tahap ini sekaligus menjadi tahapan akhir pertumbuhan gigi susu anak. Biasanya, posisi gigi ini berada di bagian ujung belakang gusi.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan giginya, ada beberapa hal yang harus Moms lakukan, salah satunya dengan memberikan stimulasi menggunakan teether dan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Selamat menunggu momen ajaib ini Moms!