Sebab-Sebab Bayi Tak Mau Digendong Selain Ibunya

Merries Insight
23 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
Sebab-Sebab Bayi Tak Mau Digendong Selain Ibunya

Mungkin sangat wajar ya Moms jika sebagian besar bayi tak mau digendong orang lain selain mamahnya. Moms juga pasti pernah mengalami masa-masa ini. Perilaku bayi yang enggan digendong orang lain adalah suatu hal yang sangat normal. Apalagi saat bayi sudah memasuki usia menjelang 1 tahun. Meski begitu, memang kurang baik jika kejadian ini terus-terusan berlanjut. Nah, untuk mengatasinya, berikut terdapat beberapa cara agar si bayi tak lagi harus gendong sama mamahnya.

  • Bersikaplah tenang. Anda adalah cerminan perilaku bayi anda. Jika anda bersikap tenang, kemungkinan besar bayi anda juga akan bersikap sama dengan anda. sebagai contoh: ketika anda akan membawa bayi anda ke ruang pemeriksaaan, bersikaplah tenang ketika sedang menemui dokter. Tunjukan pada bayi anda bahwa dokter yang akan menanganinya adalah seseorang yang baik hati.
  • Kendurkan pelukan anda ketika bayi anda meminta untuk digendong. Sebaliknya, jangan kuatkan pelukan anda ketika bayi anda merangkul anda dan meminta untuk digendong. Ketika anda membalas permintaannya dengan merangkul kuat, bayi anda akan merasa semakin takut dengan dokter yang akan menanganinya. Dan bayi anda akan lebih kooperatif ketika diperiksa kondisi kesehatannya jika anda berada di sampingnya dan bersikap tenang.
  • Beritahukan sifat-sifat bayi anda pada orang-orang terdekat anda seperti ayah, ibu, suami, anak-anak anda lainnya, tante, om, dll agar mereka nantinya dapat mendekatinya dengan tenang dan lembut. Ketika si bayi merasa nyaman dengan seseorang selain mamahnya, secara otomatis ia akan bersedia digendong oleh orang tersebut.
  • Khusus untuk suami, berusahalah untuk mendekatkan si bayi dengan suami anda. memang wajar jika bayi jauh lebih dekat dengan mamahnya. Namun tidak ada salahnya untuk mendekatkan bayi dengan papahnya sejak dini. Cara mendekatkan anak dengan papahnya cukup mudah. Sering-seringlah berkumpul dengan suami ketika anda sedang bersama dengan bayi anda. Sedikit demi sedikit berilah jarak agar bayi lebih dekat dengan papahnya. Mintalah suami anda untuk mengajak si bayi bermain lalu menggendongnya. Usahakan anda masih dalam satu ruangan ya agar si bayi tetap merasa aman dan nyaman.

Cukup mudah, bukan? Anda bisa mempraktikannya sekarang juga.