Sebab-Sebab Anak Alami Vitiligo

Merries Insight
12 Februari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Sebab-Sebab Anak Alami Vitiligo

Vitiligo adalah gangguan pada kulit di mana gangguan kulit ini menyerang bagian melanocyte, yaitu jaringan kulit yang terletak di bawah jaringan epidermis. Melanocyte berperan untuk memproduksi melanin pada kulit. Melanin adalah pigmen pemberi warna kulit dan berfungsi untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Saat Vitiligo menyerang, melanocyte berhenti memproduksi melanin sehingga akan timbul bintk-bintik putih pada kulit, khususnya pada kulit yang berwarna lebih muda dari kulit normal yang ada di sekelilingnya. Bintik-bintik ini dapat menyebar dengan cepat dan sifatnya permanen. Namun ada juga penyebarannya lambat sehingga si penderita tidak menyadari bahwa dirinya menderita vitiligo.

Lantas apa penyebab munculnya vitiligo? Ada banyak teori yang menyebutkan penyebab-penyebab munculnya vitiligo. Salah satunya adalah sistem imun tubuh yang mengalami kelainan sehingga sistem imun menyerang melanocyte. Ada juga ahli lainnya yang mengatakan bahwa vitiligo termasuk penyakit keturunan di mana sekitar 30 persen anak-anak yang menderita vitiligo adalah mereka yang berasal dari orang tua yang memiliki masalah kulit yang sama. Namun yang pasti, risiko munculnya vitiligo pada anak-anak akan semakin besar kemungkinannya jika anak-anak tersebut berasal dari keluarga yang memiliki masalah-masalah kesehatan seperti masalah pada kelenjar tiroid, kerontokan rambut, dan diabetes.

Bagaimana mengobatinya? Vitiligo umumnya hanya menyerang di bagian-bagian tertentu saja, meskipun ada juga vitiligo yang menyerang seluruh tubuh. Bagian-bagian tubuh yang paling sering ditemukan adanya bintik-bintil akibat vitiligo antara lain tangan, wajah, lipatan tubuh (siku dan lutut), mata, hidung, dan pusar. Sayangnya belum ada obat yang dapat menyembuhkan vitiligo. Moms hanya bisa melakukan perawatan kulit. Biasanya dokter akan memberikan krim khusus untuk anak-anak yang menderita vitiligo. Yang pasti krim-krim ini aman untuk kulit anak. Pastikan juga moms memberikan tabir surya pada anak Anda agar warna kulit terlihat merata. Konsultasikan pada dokter soal tabir surya yang aman untuk kulit anak Anda agar nantinya kulit anak Anda tidak mengalami iritasi akibat pemakaian tabir surya yang kurang tepat.