Saat Bayi Asma

Merries Insight
19 Desember 2014
Umum
Share
Saat Bayi Asma

Asma merupakan suatu keadaan yang disebabkan karena saluran pernafasn kecil atau bronchi mengalami penyempitan. Asma juga dapat terjadi karena ada kelainan pada saluran pernafasan. Bayi yang mengalami asma mengalami beberapa ciri yaitu sebagai berikut:

  • Batuk atau Sesak Napas: Bayi mengalami batuk atau sesak napas saat malam hari. Tetapi gejala ini juga bisa terjadi secara musiman. Jadi setelah selesai beraktivitas, batuk atau sesak napas dapat menghilang baik dengan menggunakan obat maupun tanpa pemberian obat.
  • Adanya riwayat alergi pada bayi dan keluarga.
  • Bayi yang mengalami asma biasanya nafasnya cepat dan sesak napas. Rasa nyeri di bagian dada dan area sekitar mulut menjadi biru serta kesulitan berbicara.

Ketika buah hati Moms mengalami asma, tentu Moms harus memberikan perlindungan ekstra kepada si kecil agar asma yang dia alami tidak menjadi parah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Moms lakukan.

Menghindari Debu

Bayi yang mengalami asma biasanya sangat sensitif dengan keadaan kebersihan di lingkungan sekitarnya. Tempat yang berdebu akan mudah memicu asma bayi kambuh sehingga si kecil mengalami sesak napas. Untuk itu, Moms sebaiknya memastikan bahwa lingkungan sekitar tempat tinggal Moms bebas dari debu. Rajinlah membersihkan kamar dan ruangan di rumah untuk memastikan ruangan tidak berdebu sehingga si kecil dapat bernapas dengan lega.

Menghindari Binatang Pemicu Asma

Berbagai binatang berbulu telah diketahui dapat memicu anak mengalami sesak napas seperti anjing dan kucing. Sebaiknya hindarkan si kecil dekat – dekat dengan binatang tersebut demi antisipasi agar asma si kecil tidak kambuh.

Menghindari Kapuk

Selain bulu binatang, kapuk juga diketahui dapat menyebabkan sesak napas atau asma. Oleh sebab itu, hindarkan si kecil dari benda ini.

Jauhkan Dari Asap Rokok

Asap rokok sangat berbahaya untuk kesehatan bayi, apa lagi bayi yang menderita sesak napas. Bayi yang mengalami asma akan mudah kambuh saat menghirup asap rokok. Oleh sebab itu selalu jauhkan si kecil dari orang – orang yang sedang merokok. Selain asap rokok, asap obat nyamuk juga berpotensi membuat asma si kecil kambuh.