Resep Makanan Untuk Bayi 3 Bulan

Merries Insight
26 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Resep Makanan Untuk Bayi 3 Bulan

Apakah Moms sedang mencari resep makanan untuk bayi 3 bulan? Untuk memberi makan bayi usia 3 bulan, Moms sebenarnya tidak perlu repot – repot mencari resep. Pasalnya, bayi dengan usia tersebut hanya baru boleh diberi ASI atau Air Susu Ibu. ASI menjadi makanan pokok bayi yang memberi nutrisi penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya. Jika ibu bayi tidak bisa memproduksi ASI, pilihan makanan yang dapat dikonsumsi oleh si kecil adalah susu formula yang saat ini sudah tersedia dalam berbagai pilihan merek dan kandungan yang bermacam – macam.

Bayi usia 3 bulan memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna atau bisa dibilang masih lemah sehingga belum boleh diberi makanan padat. ASI merupakan makanan yang mengandung semua gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi pada usia tersebut. Jika bayi tidak bisa menerima ASI karena Moms sibuk bekerja atau produksi ASI berkurang secara kualitas dan kuantitas, memberikan susu formula menjadi alternatif terbaik. Namun, susu formula juga belum tentu mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya sehingga bayi terpaksa diberi makanan tambahan. Berikut ini adalah beberapa makanan tambahan yang dapat diberikan untuk bayi jika dalam keadaan terpaksa.

Bubur Tepung Beras

Bubur dari tepung beras atau tepung beras merah dapat diberikan untuk bayi. Bubur tersebut dimasak dengan susu formula, air, atau ASI.

Buah

Buah – buahan seperti pisang, apel pepaya, dan alpukat dapat diberikan kepada bayi dengan cara diblender sampai halus.

Sayuran

Untuk memberikan sayuran pada bayi, rebus sayuran sampai matang dan haluskan dengan blender. Pada saat diblender, sayuran sebaiknya ditambah dengan air matang. Jenis sayuran yang dapat diberikan misalnya wortel, kentang, dan labu kuning.

Ikan

Pilihlah ikan yang tidak berduri seperti fillet ikan, fillet salmon, dan gindara. Blender fillet tersebut dan tambahkan air agar teksturnya tidak terlalu padat untuk bayi.

Ingat Moms, makanan tersebut sebaiknya diberikan kepada bayi jika benar – benar terpaksa. Makanan terbaik untuk bayi usia 3 bulan adalah ASI karena makanan ini adalah makanan alami dan paling aman untuk si kecil.