Punya Peliharaan Bisa Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

Merries Insight
17 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Punya Peliharaan Bisa Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

Hewan dalam lingkungan sekitar kita bisa kita manfaatkan untuk melatih tanggung jawab pada anak lho, Moms. Perlu Moms ketahui, si kecil akan sangat senang ketika dia dapat mengenal segala hal yang ada di sekitarnya. Moms tidak perlu khawatir asalkan masih tetap dalam pengawasan, memelihara hewan dapat melatih rasa tanggung jawab pada si kecil. Mungkin Moms berpikir bahwa hewan peliharaan hanya akan membuat kotor atau menimbulkan penyakit pada si kecil, tapi jangan salah ya Moms, karena dengan mengenal beberapa peliharaan, si kecil justru bisa menjadi lebih aktif lagi.

Mungkin Moms sedikit bingung ya, bagaimana hewan peliharaan dapat melatih rasa tanggung jawab pada si kecil? Jadi Moms, dengan adanya hewan peliharaan yang anak miliki, Moms hanya perlu mengajarkan cara merawatnya dengan baik.

Dalam memilih peliharaan yang bisa kita gunakan untuk melatih rasa tanggung jawab pada si kecil, Moms bisa mengajarkannya untuk memelihara ikan. Nah, dari sini Moms bisa mulai mengajarkan bagaimana anak harus membersihkan tempatnya dan kapan waktu mengganti air pada kolam ikan. Moms juga harus menjelaskan pada si kecil tentang aturan memberi makan pada ikan, jadi si kecil akan tahu waktu yang tepat untuk memberi makan peliharaannya.

Selain itu, Moms juga perlu menjelaskan bagaimana peliharaannya ini berkembang biak dan hidup supaya si kecil tahu benda apa saja yang boleh ada pada kolam ikan tersebut. Di sinilah biasanya rasa tanggung jawab pada si kecil mulai muncul. Biasanya, si kecil suka memasukkan barang-barang yang ada di sekitarnya karena ia belum tahu akibatnya. Dalam hal ini peran Moms juga sangat penting.

Ketika si kecil diajarkan cara membersihkan berarti ia harus dijelaskan apa yang akan terjadi ketika tempat tinggal peliharaannya kotor, tentunya air yang kotor akan menimbulkan jentik-jentik yang nantinya akan berubah menjadi nyamuk yang membahayakan bagi kita. Inilah mengapa rasa tanggung jawab pada si kecil sangat dianjurkan untuk diajarkan, hal ini dilakukan agar si kecil lebih berhati-hati dan teratur dalam merawat hewan peliharaannya tersebut.

Mengajarkan rasa tanggung jawab pada si kecil sebenarnya bukanlah hal yang sulit lho Moms, hanya saja biasanya Moms harus telaten dan sabar dalam melakukannya. Moms harus tahu bahwa si kecil akan sangat senang ketika mereka memiliki sesuatu yang unik. Tetapi, biasanya si kecil mudah bosan dengan hal-hal yang terlalu sering dijumpainya. Nah, untuk menghindari kebosanan yang sering timbul pada si kecil, tanpa meninggalkan pembelajaran tanggung jawab pada mereka, Moms bisa membuat hal-hal menarik yang membuat anak tidak mudah bosan dengan aktivitas positifnya. Contohnya, ketika anak memiliki ikan hias sebagai peliharaannya di rumah.

Moms bisa mengajaknya untuk mengunjungi aquarium besar yang biasanya ada di kebun binatang atau di taman bermain sekaligus menjelaskan kepada anak pentingnya menyayangi binatang. Nah, dari situ si kecil akan bisa lebih menikmati dan menyayangi hewan peliharaannya di rumah.