Persalinan Silent Birth

Merries Insight
15 Oktober 2014
Tumbuh Kembang
Share
Persalinan Silent Birth

Kini ada lagi metode persalinan terbaru yang baru-baru ini diperkenalkan oleh L. Ron Hubbard. Metode persalinan yang satu ini fokus pada penciptaan lingkungan persalinan yang tenang. Aba-aba atau instruksi yang biasanya diberikan oleh dokter dan perawat saat proses persalinan berlangsung tidak disarankan.

L.Ron Hubbard mengatakan bahwa seorang ibu yang hendak melahirkan merasakan kecemasan yang sangat besar. Hal ini akan berpengaruh pada psikologi ibu tersebut dan juga akan berdampak tidak baik untuk psikologinya. Namun dengan kondisi lingkungan yang tenang saat persalinan dan minim suara, bayi yang baru lahir akan terlindungi dari perkataan-perkataan sang ibu yang juga dapat mempengaruhi psikologi si bayi.

Dikutip dari situs resmi WebMd.com, menunjukan bahwa bayi yang lahir di lingkungan yang tenang dan hening akan memiliki kualitas fisik dan psikologi yang jauh lebih baik daripada bayi-bayi yang lahir di rumah sakit atau klinik yang ramai. Moms pastinya tahu bahwa bayi yang masih dalam kandungan mampu mendengarkan suara-suara yang ada di lingkungan di mana sang ibu berada. Kemampuan mendengarnya semakin meningkat seiring bertambahnya usia bayi. Dan di usia kandungan trimester ketiga, bayi sudah memiliki kemampuan mendengar yang hampir sempurna. Bila dikaitkan kembali dengan metode silent birth, bayi akan lahir dalam kondisi psikologi yang tenang. Demikian juga dengan psikologi sang ibu. Jadi kesimpulannya metode silent birth ini sangat bermanfaat bagi keduanya, baik untuk si bayi dan sang ibu.

Untuk menjalankan metode silent birth tentu harus mendapat pendampingan dari dokter spesialis dan perawat profesional yang sudah mengetahui betul tahap-tahap dalam proses persalinan dengan menggunakan metode silent birth. Kemudian faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kualitas ketenangan psikologi bayi pasca dilahirkan adalah faktor kualitas tidur yang cukup. Bayi yang cukup tidurnya akan memiliki kesehatan fisik dan kesehatan psikologi yang baik. Nah, agar bayi dapat tidur nyenyak, penting bagi Moms untuk menjaga kenyamanannya. Salah satunya adalah menjaga agar popok bayi anda selalu kering. Popok bayi Merries adalah produk popok bayi yang paling direkomendasikan karena selain cocok untuk bayi yang baru lahir, tekstur popoknya juga lembut dan selalu terjaga kekeringannya.