Perlukah Si Kecil Ikut Vaksin Di Sekolah?

Perlukah Si Kecil Ikut Vaksin Di Sekolah?

Moms mungkin masih yang bingung mengenai jadwal vaksin yang bisa berbeda-beda di setiap rumah sakit atau puskesmas. Vaksin sangat penting bagi si kecil untuk memberikan tubuhnya pertahanan diri melawan dari virus yang berbahaya dan sangat mudah menular.Vaksin bahkan sudah harus diberikan sejak si kecil baru lahir dan diulang hingga dewasa. Inilah yang membuat si kecil juga perlu untuk ikut vaksin di sekolah meski sebelumnya vaksin sudah dilakukan dengan lengkap secara mandiri.

Karena masih banyak ditemukan kasus di mana seseorang yang sudah divaksin ternyata masih bisa terkena penyakit tersebut saat dewasa. Vaksin yang diberikan di sekolah berfungsi untuk memberikan booster dari vaksin sebelumnya. Berikut adalah 5 vaksin yang diwajibkan untuk si kecil-si kecil Indonesia.

Vaksin BCG

Vaksin BCG adalah untuk vaksin untuk mencegah si kecil terkena tuberkolosis yang menyerang paru-paru. Waktu pemberiannya adalah segera setelah si kecil lahir, apabila sudah lebih dari 3 bulan si kecil dicek dulu apakah ada benih penyakit TBnya atau tidak.

Hepatitis B

Hepatitis B adalah virus yang bisa menyebabkan kerusakan pada hati dan mudah menular dari satu manusia ke manusia yang lain. Vaksin ini juga diberikan dalam jangka waktu 12 jam setelah si kecil lahir. Kemudian diulang lagi ketika si kecil berusia satu bulan, lalu pada umur 3-6 bulan. Jarak minimal antara vaksin pertama dengan kedua adalah 4 minggu ya, Moms.

Polio

Si kecil yang terserang virus polio bisa menyebabkan kelumpuhan dan gangguan pertumbuhan. Vaksin polio pertama juga diberikan setelah si kecil lahir, kemudian diulang lagi pada usia 2 bulan, 4 bulan, kemudian pada 6 bulan. Lalu vaksin ini dibooster lagi Moms, pada saat si kecil berusia 18 bulan dan 5 tahun.

DTP

Vaksin DTP adalah suntikan yang diberikan untuk mencegah penyakit difteri, tetanus, dan pertussis. Diberikan ketika si kecil berumur setelah 6 minggu, lalu diulang pada usia 4 dan 6 bulan. Pada usia 18 bulan dan 5 tahun si kecil diberikan vaksin DTP lagi ya Moms. Vaksin ini juga biasanya diberikan di sekolah ketika si kecil berusia 12 tahun.

Campak

Vaksin wajib yang terakhir adalah campak yang sangat mudah menular melalui kontak fisik. Pertama kali diberikan ketika si kecil berusia 9 bulan, lalu sekolah akan memberikan vaksin campak lagi pada tingkat kelas satu atau usia 6 tahun.