Perlukah Amandel pada Anak Dioperasi?

Merries Insight
31 Desember 2014
Umum
Share
Perlukah Amandel pada Anak Dioperasi?

Moms, amandel boleh dioperasi jika hanya amandel yang diderita oleh anak-anak tergolong amandel kronis. Amandel dikatakan kronis apabila memiliki frekuensi infeksi antara 3 hingga 10 kali infeksi dalam waktu 2 tahun, atau 2 atau 3 kali dalam setahun yang terjadi selama 3 tahun secara berturut-turut. Amandel adalah bagian tubuh yang berperan sebagai pertahanan tubuh. Ketika amandel mengalami infeksi kronis, penderita menjadi mudah sakit. Akibatnya, anak jadi enggan untuk sekolah, bermain, dan ceria seperti sediakala. Kualitas hidup anak pun menjadi berkurang nilainya. Salah satu alasan utama perlunya mengoperasi amandel pada anak adalah karena untuk mencegah pembesaran tonsil dan penyumbatan saluran nafas.

Bagaimana dengan usia? Apakah ada batasan usia untuk dilakukan tindakan operasi amandel? Jawabannya tidak. Apalagi jika terjadi penyumbatan pada saluran nafas. Jika sudah terjadi demikian, segera saja dilakukan operasi. Ada juga beberapa alasan lainnya yang mengharuskan dilakukannya tindakan operasi, antara lain:

  • Jika terjadi pembengkakan di area amandel/ tonsil. Pembengkakan amandel dapat menyebabkan penderita sulit menelan (disfagia). Tak hanya itu, pembengkakan amandel ini juga menyebabkan penderita mengalami gangguan tidur (seperti sleep apnea) bahkan bisa terjadi komplikasi kardiopulmoner.
  • Jika terjadi pengumpulan nanah di sekitar area tonsil. Kondisi ini wajib mendapatkan perawatan medis dan harus segera di atasi.
  • Pembengkakan menyebabkan kejang-kejang dan demam pada anak.
  • Untuk keperluan medis seperti biopsy (pengambilan jaringan) jika pembengkakan tonsil dicurigai sebagai tumor.

Adapun indikasi-indikasi terjadinya pembengkakan amandel, antara lain:

  • Terjadi peradangan yang terjadi 3x dalam waktu satu tahun. Meski sudah diterapi, peradangan terus terjadi.
  • Bau nafas tak sedap karena adanya peradangan kronis di daerah amandel
  • Terjadi tonsillitis kronis akibat adanya infeksi kuman streptokokus yang tak kunjung membaik meski sudah diberi antibiotik.

Jadi Moms, jika kiranya infeksi amandel anak anda sudah tergolong kronis, sebaiknya segera lakukan tindakan medis seperti operasi namun dengan beberapa pertimbangan di atas. Dengan begitu, anak anda akan tumbuh menjadi anak yang sehat kembali.