Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Si Kecil Main Pokemon GO

Merries Insight
19 Agustus 2016
Umum
Share
Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Si Kecil Main Pokemon GO

Moms, belakangan ini banyak orang yang keranjingan games augmented reality, Pokemon Go. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak anak-anak yang mulai kecanduan games ini, terutama buat mereka yang sudah diberi kebebasan memegang smartphone.

Melihat fenomena ini, wajar banyak orang tua yang khawatir. Pasalnya, banyak kejadian yang tidak mengenakan terjadi akibat si pengguna terlalu terobsesi menangkap Pokemon, sebut saja perampokan hingga kecelakaan. Lantas, bagaimana kalau si kecil sudah kecanduan games ini?

Jangan khawatir Moms, sebagai ibu bija Moms bisa melakukan beberapa cara dibawah ini agar si kecil tetap bisa menikmati permainan kesukaannya, tanpa harus menimbulkan potensi bahaya.

Dampingi Si Kecil

Sebagai orang tua, sudah jadi tugas utama Moms untuk memastikan keamanan si kecil. Untuk itu, pastikan si kecil selalu didampingi orang dewasa ketika bermain ini.

Sebelum pergi keluar rumah untuk menjelajah tempat-tempat umum demi mencari Pokemon, Moms wajib membuat kesepakatan dengan si kecil. Contohnya, dia boleh bermain Pokemon Go asal didampingi kakaknya, atau orang dewasa yang bisa menjaga keselamatannya.

Perhatikan Kondisi Lingkungan

Jangan lupa untuk memberikan penjelasan kepada si pendamping agar mereka bisa memberikan batasan ruang gerak bagi si kecil ketika berburu Pokemon. Misalnya, si kecil tidak boleh pergi ke tempat-tempat sepi atau rawan kejahatan, walaupun Pokemon langka ada di sana.

Selain itu, lihat juga kondisi lingkungannya. Si kecil boleh bermain Pokemon, tapi tidak boleh menyusuri sungai, atau tempat lainnya yang berpotensi membahayakan.

Hati-hati Ketika Menyebrang

Pastikan si kecil dan orang yang Moms percayai untuk mendampingi selalu berhati-hati, terutama saat hendak menyeberang jalanan. Banyak kasus anak yang tertabrak atau terserempet kendaraan karena mereka hanya fokus kepada layar gadget, bukan jalanan.

Selain itu, jangan lari-lari. Ini bahaya lho! Yang ditakutkan, si kecil berpotensi kehilangan keseimbangan hingga akhirnya terjatuh.

Jelaskan Tempat Terlarang

Ada beberapa tempat yang boleh dan tidak boleh didatangi demi menangkap Pokemon, misalnya saja tempat Ibadah, markas militer, properti pribadi dan lainnya. Kalaupun sangat ingin ke sana, berikan pengertian jika mereka harus izin dulu.

Selain itu, Moms pun harus menentukan batasan kapan si kecil harus berhenti bermain games, misalnya saat hari sudah gelap. Dengan batasan-batasan ini, diharapan si kecil bisa tetap bergerak berburu Pokemon, tanpa harus menggadaikan keselamatannya. Be wise Moms!