Percantik Rambut Anak dengan Cara Ini

Merries Insight
14 Oktober 2014
Tumbuh Kembang
Share
Percantik Rambut Anak dengan Cara Ini

Kebanyakan anak biasanya akan mulai untuk bermain dan juga menyukai rambut mereka saat berusia sekitar 5 sampai 7 tahun, terlebih lagi jika dia seorang anak perempuan. Tentu saja ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk Moms mengajarkan bagaimana cara merawat rambut yang baik.

Dalam situs wdxcyber telah dijelaskan, perawatan rambut pada anak akan dibagi menjadi beberapa aspek penting, yakni kegiatan memotong rambut, mencuci rambut, menyisir rambut, memberikan aksesoris pada rambut dan juga memilih gaya rambut yang sesuai dengannya.

Proses Potong Rambut

Beberapa anak mungkin saja akan duduk diam atau bahkan mereka akan tertidur jika dia disuruh duduk diam saat proses potong rambut. Sedangkan beberapa anak lainnya akan rewel dan bahkan bisa saja akan berusaha melarikan diri jika dia melihat gunting yang akan memotong rambutnya tersebut.

Moms perlu mengandalkan beberapa trik sebelum memotong rambutnya tersebut, misalnya iming-iming hadiah, memotong rambut di rumah atau bahkan ada yang menunggunya untuk tertidur lelap dulu. Semua trik bisa Moms lakukan, selama itu tidak akan menyakitinya.

Mencuci Rambut

Sebaiknya Moms memilih shampoo yang tidak membuat perih di mata sehingga anak tidak akan takut ketika dia harus mencuci rambutnya. Biasakan juga untuk tidak menggaruk kulit kepalanya ketika mencuci rambutnya sendiri, melainkan dengan cara menggosoknya perlahan agar tidak melukai kulit kepala anak.

Setelah menggunakan shampoo, pastikan dia membilas rambutnya sampai bersih dan tidak ada busa dari shampoo yang masih tersisa. Sisa shampoo yang tertinggal di kepala akan bisa menjadi ketombe bila rambut sudah kering ataupun saat kulit kepala anak berkeringat.

Menyisir Rambut

Cobalah melakukan ini secara perlahan dan penuh kelembutan. Untuk menghindari rambut anak tertarik dan menghindari rasa sakit akibat rambutnya tertarik, maka Moms sebaiknya memegang rambut anak pada bagian akarnya atau pangkalnya, lalu sisir terus ke bawah sampai benar-bera rapi.

Moms bisa menggunakan dulu sisir yang carang, setelah itu secara bertahap Moms menyisir rambut anak dengan menggunakan sisir yang lebih rapat. Ajarkan cara menyisir ini kepada anak dan biasakan untuk kedepannya dia melakukan ini sendiri.

Aksesoris dan Model Rambut

Rambut anak perempuan tidak hanya harus berpotongan poni saja, Moms bisa memilihkan model-model lainnya dan diskusikan kepada anak apakah dia menyukainya atau tidak. Selain itu, Moms juga bisa memasangkan beberapa aksesoris rambut seperti jepit dan bando agar rambut anak Moms lebih cantik.