Pentingnya Perawatan Gigi Balita untuk Kesehatan

Merries Insight
19 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Pentingnya Perawatan Gigi Balita untuk Kesehatan

Pertumbuhan gigi merupakan bagian dari proses pertumbuhan balita. Dengan perawatan yang baik maka balita dapat tumbuh dan berkembang dengan memiliki gigi yang sehat. Merawat gigi balita sebaiknya dimulai sedini mungkin, bahkan sebelum gigi tumbuh, Moms dapat mempersiapkan tumbuhnya gigi susu dengan membersihkan gusi setidaknya 2 kali sehari. Walaupun gigi balita adalah gigi susu yang merupakan gigi sementara. Kesehatan gigi dan mulut akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan balita secara keseluruhan.

Balita dengan gigi yang sehat akan memiliki kemampuan makan dan mengunyah makanan dengan baik sehingga memiliki kemampuan menyerap nutrisi dengan lebih baik. Gigi yang sehat juga akan mencegah bayi memiliki masalah kesehatan karena sebab-sebab terkait dengan kondisi gigi yang kurang baik.

Moms sebaiknya secara teratur membersihkan gusi dan ada baiknya juga tidak membiasakan bayi untuk minum susu sambil tidur. Bersihkan gigi dan gusi setelah minum susu atau ASI. Hindari menggunakan pemanis tambahan baik itu gula ataupun madu pada susu. Berkonsultasi terkait asupan fluor dengan dokter anak atau dokter gigi juga dianjurkan.

Ajarkan dan biasakan bayi menggosok gigi ketika gigi susu telah mulai tumbuh, penggunaan lap seperti ketika gigi belum tumbuh dapat dilakukan di masa awal pertumbuhan gigi dan berangsur-angsur mengajak balita untuk menggosok gigi dengan sikat gigi dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Membiasakan makan makanan sehat juga penting bagi kesehatan gigi balita.