Pentingkah Si Kecil Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolahnya?

Merries Insight
18 Mei 2016
Umum
Share
Pentingkah Si Kecil Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolahnya?

Selain berfungsi untuk menambal kekurangan nilai akademis, kegiatan ekstrakulikuler pun berguna untuk mengembangkan, sekaligus mengarahkan bakat anak. Bahkan banyak pakar pendidikan yang sepakat jika kegiatan ini efektif untuk mengembangkan karakter anak, terutama terkait kerjasama dan kemandirian.

Selain itu, berikut merupakan beberapa alasan kenapa kegiatan ekstrakulikuler begitu penting diikuti si kecil, seperti dilansir dalam List Dose.

Lebih Aktif

Ketika si kecil mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, sudah tentu dia akan jauh lebih aktif dan produktif. Pasalnya, kegiatan ini akan menuntut mereka memberikan waktu dan energi tambahan. Bayangkan saja, disaat anak lainnya sudah pulang sekolah, dia masih berkutat dengan keperluan organisasi yang melelahkan.

Mengajarkan Kerja Sama Tim

Ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, sudah tentu si kecil tidak akan sendiri. Dia akan bertemu dengan teman-teman baru, dan dituntut untuk bisa membaur dan bekerjasama dengan mereka. Tujuannya satu, supaya organisasi yang mereka ikuti bisa lebih baik dan mampu menjadi kebanggaan sekolah.

Menyalurkan Energi Dan Kreativitas

Masa anak-anak merupakan masa dimana energi dan kreativitas begitu melimpah. Nah, dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dia akan dituntut terbiasa menyalurkan energi dan kerativitasnya untuk hal-hal yang positif. Secara tidak langsung, kemampuan dan bakat alaminya pun akan terus diasah.

Mengurangi Risiko Stres

Anak-anak sangat retan stres, terutama ketika dia menghadapi lingkungan baru. Untuk mengatasi hal ini, ekstrakulikuler merupakan pilihan yang bijak. Pasalnya, kegiatan ini akan membuat mereka lebih merasa nyaman dan tenang, sekaligus efektif dijadikan sebagai pelepas ketegangan selama jam pelajaran.

Belajar Manajemen Waktu

Selain sekolah, si kecil di tuntut untuk menyediakan waktu luang untuk mengikuti kegiatan esktra kulikuler, belajar, dan mengerjakan PR. Dengan padatnya jadwal mereka, mau tidak mau mereka harus mampu mengatur dan memprioritaskan waktu agar semua kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Membangun Jiwa Kepemimpinan

Anak yang mengikuti ekstrakulikuler, akan dianggap spesial oleh pihak sekolah. Alhasil mereka pun kerap disorot dan dipandang memiliki jiwa kepemimpinan yang lebih, dan bahkan kerap ditunjuk sebagai ketua kelas atau ketua siswa. Kondisi inilah yang akan membuat mereka belajar untuk jadi pemimpin yang baik.

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa diberikan jika si kecil mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. So, dukung kegiatan mereka ya Moms!