Penjelasan Sederhana Seperti Apa yang Paling Efektif untuk Si Kecil?

Penjelasan Sederhana Seperti Apa yang Paling Efektif untuk Si Kecil?

Menjelaskan sesuatu pada Si Kecil yang masih berusia balita, dapat dikatakan sebagai salah satu hal paling sulit untuk dilakukan. Tetapi, hal ini terjadi, bila Moms menggunakan cara yang salah saat menjelaskan sesuatu pada Si Kecil. Moms sebenarnya dapat lebih mudah membuat Si Kecil mengerti, dengan cara menjelaskan yang sederhana yang sesuai dengan usia Si Kecil, misalnya:

Mengulang Ucapan

Mengulang-ulang ucapan saat Moms berbicara dengan Si Kecil dapat menjadi cara efektif untuk membuat Si Kecil mengerti. Namun, jangan melakukannya terlalu cepat atau dengan nada tinggi layaknya marah. Lakukan dengan cara berbicara yang menyenangkan. Si Kecil yang berusia 3-5 tahun sangat menyukai hal ini.

Berbicara Singkat, Padat dan Jelas

Jangan terlalu bertele-tele. Daya serap dan daya nalar Si Kecil belumlah sebaik orang dewasa. Jadi, saat Moms menjelaskan mengenai sesuatu, jangan terlalu panjang. Langsung pada pokok pembicaraan. Tentunya, Moms juga harus menyesuaikan topik pembicaraan sesuai dengan usia Si Kecil.

Jelas disini artinya Moms harus menjelaskan topik tersebut sedetailnya. Misalnya, bila Si Kecil ingin pergi ke taman bersama Moms, namun hari sedang hujan, maka Moms harus memberikan penjelasan mengenai kondisi ini. Contohnya, kalau pergi saat hujan, Si Kecil dapat kehujanan dan jatuh sakit dan tidak bisa bermain lagi. Jangan melarang langsung tanpa memberikan penjelasan. Biasakan hal ini agar mental Si Kecil terbentuk dengan baik.

Kontak Mata dan Gestur

Kontak mata sangat penting saat memberikan penjelasan pada Si Kecil. Hal ini tidak hanya akan membuat Si Kecil fokus pada perkataan Moms. Namun, Si Kecil juga akan merasa lebih nyaman karena dipandang oleh orang yang dicintainya. Hal ini juga menunjukkan bila Moms sungguh-sungguh saat membicarakan hal tersebut.

Gestur juga perlu Moms perhatikan, seperti mengangguk atau tersenyum. Misalnya, Moms dapat mengangguk atau tersenyum pada hal yang dianggap penting dalam penjelasan kepada Si Kecil.

Karakter Anak

Moms juga perlu menyesuaikan penjelasan dengan karakter Si Kecil. Bila Si Kecil mempunyai karakter ekstrovert dan terbuka, mungkin Moms hanya perlu menjelaskan beberapa hal, dan Si Kecil akan menanggapinya panjang lebar.

Akan berbeda untuk Si Kecil yang mempunyai karakter introvert. Moms harus lebih aktif dan ekspresif saat mengajak berbicara dan memberikan penjelasan pada Si Kecil. Untuk karakter ini, yang paling penting jangan mengajukan pertanyaan yang hanya dijawab dengan jawaban Ya dan Tidak.