Pengobatan Vitiligo pada Anak

Merries Insight
12 Februari 2015
Umum
Share
Pengobatan Vitiligo pada Anak

Moms menjumpai ada bintik putih pada kulit si kecil? Tapi bukan akibat jamur karena bintik ini tidak gatal dan tidak bersisik? Mungkin saja anak Anda menderita vitiligo. Coba Anda periksakan segera ke dokter spesialis anak agar Anda mengetahui pasti apa yang sedang dialami oleh anak Anda. vitiligo sendiri merupakan masalah pada kulit yang yang hingga kini tidak diketahui penyebabnya. Yang pasti vitiligo bukan cikal bakal kanker kulit atau penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Vitiligo juga bukan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi dan bersifat tidak menular. Anak-anak yang menderita vilitigo secara umum memiliki kondisi kesehatan yang baik seperti anak-anak pada umumnya.

Vitiligo muncul akibat adanya masalah di bagian melanocyte, jaringan yang berfungsi menghasilkan melanin (pigmen warna kulit). Melanin sendiri berperan sebagai pemberi warna kulit dan juga sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Ketika seseorang mengalami vitiligo, melanocyte pada kulitnya tidak berfungsi sehingga produksi melanin berhenti sehingga menghasilkan spot-spot putih pada kulit. Warna spot-spot ini sebenarnya bukanlah putih, melainkan berwarna lebih muda bila dibandingkan dengan warna kulit di sekelilingnya. Spot-spot ini dapat menyebar dengan cepat dan bersifat permanen. Namun ada juga yang hanya menyebar dengan lambat di area-area tertentu saja seperti bagian siku, lutut, wajah, tangan, kulit di sekitar mata dan hidung.

Belum ada obat yang dapat menghilangkan spot-spot ini. Yang bisa dilakukan oleh Anda moms untuk mengurangi atau menyamarkan spot-spot pada kulit anak Anda adalah dengan melakukan perawatan. Perawatan bisa dengan menggunakan krim dan tabir surya untuk dioleskan pada spot-spot tersebut agar warnanya hampir sama dengan warna kulit anak Anda. Pastikan krim atau tabir surya yang Anda oleskan pada kulit anak Anda aman dan tidak menimbulkan gatal-gatal ataupun iritasi. Agar Anda tak salah pilih krim atau tabir surya untuk anak Anda, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis anak. Bila perlu minta resep krim dari dokter. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda moms.