Paparan Asap Rokok Picu Asma pada Bayi saat Dewasa Kelak

Merries Insight
22 Januari 2015
Umum
Share
Paparan Asap Rokok Picu Asma pada Bayi saat Dewasa Kelak

Asap rokok hendaknya jangan disepelekan, apalagi untuk anda Moms yang sedang menjalani masa kehamilan. Asap rokok mengandung zat-zat berbahaya yang dapat memicu terjadinya asma dan alergi, khususnya pada janin. Salah satu zat yang dimaskud adalah zat nikotin. Zat nikotin yang menumpuk pada tubuh wanit hamil dapat mempengaruhi kesehatan janin, khususmya kesehatan pernafasan pada janin. Tahukah anda Moms, wanita hamil yang sering menghirup asap rokok, baik disengaja maupun tak sengaja, dapat meningkatkan risiko terkena asma dan alergi pada bayinya kelak saat sudah remaja.

Selain si anak berisiko terkena asma dan alergi, dampak buruk lain dari asap rokok bagi wanita hamil adalah kurangnya berat badan bayi saat lahir serta kematian. Nah, agar bayi Moms terhindar yang namanya gejala asma dan alergi akibat asap rokok, berikut terdapat beberapa tips yang bisa moms ikuti.

  • Bagi anda Moms yang hobi merokok, sebaiknya mulai sekarang berhenti merokok demi kesehatan janin anda.
  • Katakan pada suami atau anggota keluarga anda lainnya untuk tidak merokok di dalam ruangan, mobil, atau di mana saja di mana anda sedang berada di lokasi tersebut.
  • Ketika anda akan keluar rumah, sebaiknya sediakan masker yang dapat anda pakai sewaktu-waktu ketika anda menjumpai orang yang sedang merokok.
  • Pilihlah tempat-tempat umum yang menyediakan area atau ruangan bebas asap rokok seperti area-area dengan tanda larangan untuk merokok.
  • Katakan baik-baik pada suami atau anggota keluarga anda lainnya yang aktif merokok untuk tidak merokok sementara waktu.

Tak heran jika sebagian besar perokok memiliki anak dengan dugaan asma dan alergi yang cukup tinggi. Oleh karena itu penting rasanya bagi anda untuk menghindari asap rokok demi kesehatan anda dan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan anda. jangan lupa untuk menjalani pola hidup sehat dengan cara rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Dengan menjalankan pola hidup sehat ini, anda sehat, bayi anda pun juga sehat.