Pakai Cara Ini untuk Membantu Si Kecil Meninggalkan Botol Susunya

Pakai Cara Ini untuk Membantu Si Kecil Meninggalkan Botol Susunya

Moms, selamat ya sekarang anda sudah berhasil memberikan MPASI berupa makanan padat kepada si kecil. Nah itu artinya, sekarang anda harus mulai menjauhkan si kecil dari botol susu yang selama ini setia menemani tiap waktu makannya, kemudian menggantinya dengan gelas.

Tapi bagaimana caranya? Apakah itu akan sulit?

Tentu saja akan sulit kalau anda tidak mencobanya dari sekarang, tapi seiring berjalannya waktu, dijamin si kecil akan terbiasa minum langsung dari gelas. Bagaimana caranya? Simak yuk beberapa trik yang bisa anda terapkan untuk menjauhkan si kecil dari botol susunya.

Gelas bermoncong

Ketika benar-benar meninggalkan botol, si kecil bisa belajar minum dari gelas bermoncong lebih dahulu. Cara ini dilakukan agar proses tramsisi botol menuju ke gelas bisa lebih maksimal. Tapi ingat Moms, bimbing dulu si kecil hingga terbiasa mengatur debit air yang masuk ke mulutnya.

Berikan secara bertahap

Setelah berhasil mengatur debit air yang masuk ke dalam mulutnya tanpa tersedak, saatnya anda mulai membiarkan si kecil minum sendiri. Proses ini mungkin akan berjalan lebih singkat. Tapi sebaiknya biarkan dulu si kecil nyaman dan benar-benar ahli minum dari botol bermoncongnya.

Perkenalkan dengan gelas

Ingat Moms, lakukan perkenalan dulu dengan menggunakan gelas kesayangannya dan menggunakan sedikit air. Anda mungkin bisa membantu untuk memegangkan gelas tersebut, dan biasakan si kecil ikut memegang supaya tangannya terbiasa dengan gelas.

Gunakan metode sisipan

Masih ingat cara menggunakan metode sisipan untuk memperkenalkan makanan padat bagi si kecil? Nah Moms, cara tersebut ternyata bisa digunakan kembali ketika anda mulai memperkenalkan gelas kepada si kecil. Caranya, sesekali ganti gelas bermoncongnya dengan gelas tanpa moncong agar si kecil terbiasa.

Selain dengan menjalankan proses sapih botol yang tepat, ada beberapa trik lainnya yang bisa anda terapkan untuk memperkenalkan gelas sebagai tepat minumnya, seperti :

  • Jangan mengganti spout botol susu si kecil. Ketika si kecil melihatnya sudah rusak, lama kelamaan dia akan merasa tidak nyaman dan beralih ke gelas bermoncong atau bahkan melompat ke gelas.
  • Berikan gelas yang diinginkannya, seperti gelas dengan karakter kartun, atau warna-warni cerah kesukaannya.
  • Kerjasama dengan keluarga, seperti suami, kakek dan neneknya, serta keluarga lainnya untuk mendorong si kecil menggunakan gelas sebagai tempat minumnya.
  • Jangan membandingkan si kecil dengan anak yang sudah bisa menggunakan gelas.

Dengan trik diatas, semoga proses transisi dari botol menuju gelas bermoncong, hingga akhirnya gelas, bisa berjalan dengan lancar. Semoga membantu Moms!