Obesitas Itu Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Merries Insight
14 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Obesitas Itu Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Peningkatan berat badan saat masa hamil merupakan hal yang wajar, betul tidak Moms? Tapi kalau peningkatan berat sampai tidak terkontrol bisa bahaya lho, bisa-bisa Moms bisa mengalami obesitas. Namun selama pertambahan berat badan tidak sampai parah, hal seperti ini masih dianggap wajar kok, Moms. Konsultasi dengan dokter mengenai hal ini bisa Moms jadikan solusi alternatif untuk mengetahui apakan berat badan Moms dalam keadaan hamil masih bisa dikatakan normal atau tidak.

Sebenarnya merupakan hal yang sah-sah saja bagi ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Namun, kenaikan berat badan ini tetap harus diperhatikan, Moms. Karena itu, Moms terutama yang sedang hamil perlu mengetahui bahaya obesitas, misalnya saja memicu timbulnya penyakit diabetes.

Pada dasarnya, diabetes terjadi karena adanya penumpukan lemak dalam tubuh ibu hamil yang secara tidak langsung mengurangi penyerapan kadar gula dalam darah yang pada akhirnya memicu terjadinya diabetes. Tidak Cuma Moms yang terkena diabetes, tapi si janin juga berpeluang terkena diabetes juga.

Selain itu, obesitas juga bisa mempengaruhi bayi yang ada di dalam rahim, sehingga bayi juga mengalami obesitas, Moms. Dengan demikian, dapat dikatakan jika kegemukan ini secara tidak langsung membawa pengaruh pada janin. Bahkan, dengan ibu hamil yang obesitas, maka peluang untuk menderita sesak napas juga sangat besar, lho. Hal ini disebabkan karena lemak dalam tubuh bisa menghambat saluran napas Moms.

Lebih lanjutnya lagi, obesitas ternyata juga menyebabkan ibu hamil memiliki kesempatan yang kecil untuk melakukan proses kelahiran secara normal. Jadi, proses kelahirannya akan dilakukan melalui operasi caesar.

Tetapi jangan khawatir Moms, bahaya obesitas bagi ibu hamil ini juga bisa diminimalisasi dengan melakukan serangkaian tes kesehatan seperti pemeriksaan gula darah, tekanan darah juga berat badan itu sendiri pada dokter. Pemeriksaan ini bisa Moms lakukan pada saat memasuki trimester ketiga atau trimester akhir. Selain itu, hal ini juga dapat dicegah dengan meminimalisasi kalori yang dikonsumsi karena kalori yang berlebihan bisa menyebabkan obesitas. Jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik ringan serta menjaga pola makan juga bisa dijadikan alternatif pemecahan masalah ini, ya Moms.