Nutrisi Penting Agar Rambut Balita Lebat dan Sehat

Merries Insight
22 September 2016
Tumbuh Kembang
Share
Nutrisi Penting Agar Rambut Balita Lebat dan Sehat

Makanan yang bernutrisi ternyata juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan rambut si kecil. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center, vitamin B adalah zat yang penting untuk mendukung pertumbuhan rambut. Selain itu, masih ada beberapa nutrisi penting lainnya yang membuat anak memiliki rambut indah.

Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Makanan ini mengandung banyak vitamin B, protein, dan zinc. Vitamin B berperan sebagai pengantar nutrisi dan oksigen menuju kulit kepala sehingga folikel rambut mendapatkan nutrisi dan tetap sehat. Makanan ini dapat dijadikan sebagai bahan utama maupun campuran MPASI.

Telur

Unsur rambut terdiri dari 70 persen protein keratin. Jadi sangat diperlukan asupan protein untuk membangun kembali kerusakan batang rambut. Di dalam satu butir telur ayam, terdapat 6,5 gram protein yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Moms dapat mengolah telur menjadi hidangan kesukaannya seperti omelet sayuran, scrambled egg, pudding busa putih telur, bubur tim saring telur, rolade daging isis telur, dan masih banyak lagi.

Susu

Selain kaya akan protein, susu juga mengandung fosfor, kalsium, zinc, magnesium, vitamin A, dan vitamin yang bermanfaat untuk menyuburkan dan menguatkan rambut. Mengkonsumsi susu secara ruin akan membuat rambut si kecil tetap lentur dan mengkilap. Selain diminum begitu saja, susu juga dapat diolah menjadi menu makanan harian untuk anak seperti bubur susu roti, sup krim jagung, pie susu, pudding susu, kue sus isi vla susu, dll.

Bayam

Bayam telah dikenal mengandung zat besi yang paling tinggi dibandingkan sayuran hijau lainnya. Zat besi memiliki peranan penting dalam pertumbuhan rambut. Zat ini membantu mendorong produksi enzim, sel darah merah, dan membantu metabolisme protein sehingga akar rambut memperoleh cukup nutrisi. Jika kekurangan zat besi, seseorang dapat mengalami kerontokan rambut. Mom dapat mengolah bayam menjadi makanan lezat untuk balita seperti cup cake bayam, nasi salmon bayam, mie hijau bayam, tim bayam wortel, dll.

Daging

Daging sapi merupakan sumber protein yang kaya vitamin B12, zat besi, dan zinc tertinggi daripada ikan dan unggas. Vitamin B12 bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah yang berperan mengangkut nutrisi dan oksigen ke akar rambut dan kulit kepala. Daging dapat diolah menjadi makanan favorit si kecil seperti meat loaf, sup bola daging, bistik daging cincang, tim nasi daging, risoles smoked beef, omelet nasi daging, dll.