Nugget Ayam dan Tempe yang Sehat untuk Semua

Merries Insight
11 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Nugget Ayam dan Tempe yang Sehat untuk Semua

Pada dasarnya, tempe memang telah digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan harganya yang murah tidak lantas membuat tempe menjadi makanan kelas rendahan. Tempe digemari oleh seluruh kalangan, mulai dari kalangan ekonomi rendah hingga mereka yang bisa dibilang bonafit. Bahkan saat ini tempe mulai diekspor dan memiliki nilai ekonomis tinggi di Amerika.

Tak hanya rasanya yang enak, tempe juga mengandung nilai gizi yang tinggi. Dalam proses pembuatannya, tempe ayam mengandalkan bahan dasar kedelai dan juga ragi sebagai penunjang proses fermentasi sehingga protein dan kandungan gizi dalam tempe tetap terjaga. Oleh karena itu, olahan tempe adalah menu yang sehat dan pas bagi para bunda yang ingin meyajikan makanan sehat dan lezat bagi seluruh anggota keluarganya.

Berbicara masalah olahan tempe yang enak, nugget ayam tempe bisa Moms jadikan pilihan yang tepat. Perpaduan rasa goreng tempe dan ayam dapat Moms sajikan sebagai makanan lezat dan menyehatkan untuk bersantai bersama seluruh keluarga.

Bahan nugget ayam tempe

  • 500 gram tempe
  • 150 gram daging ayam tanpa kulit
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus

  • 4 siung bp
  • ¼ pala
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh penyedap rasa (rasa ayam)

Bahan pelapis nugget ayam tempe

  • 1 butih telur
  • Tepung roti atau tepung panir

Cara membuat

  1. Kukus tempe hingga matang lalu haluskan
  2. Cincang halus atau giling daging ayam lalu campur dengan halusan tempe
  3. Haluskan semua bumbu dan campur dengan adonan nugget tempe ayam tempe
  4. Tambahkan telur lalu aduk hingga rata
  5. Masukkan adonan dalam wadah dan kukus hingga matang. Angkat dan biarkan dingin
  6. Setelah dingin, potong kecil kecil sesuai selera. Untuk menggugah selera anak dan memepercantik tampilan nugget ayam tempe, Moms juga bisa menggunakan cetakan kue kering aneka bentuk
  7. Di tempat terpisah, kocok putih telur sebagai pelapis. Masukkan nugget yang telah dibentuk pada putih telur dan gulingkan pada tepung roti hingga seluruh permukaan nugget terlumuri tepung roti
  8. Goreng nugget dalam minyak panas dengan api kecil hingga berwarna keemasan
  9. Nugget ayam tempe siap dihidangkan

Keseluruhan proses pembuatan nugget ayam tempe akan memakan waktu 90 menit. Jadi, ada baiknya jika Moms membuatnya di kala longgar seperti weekend misalnya. Moms juga bisa melibatkan si kecil dalam membuat nugget ayam tempe karena selain menunjukkan padanya bagaimana cara membuat makanan sehat, Moms juga bisa lebih dekat dengan si kecil melalui kegiatan memasak bersama.

Sebagai tipsnya, jika Moms tak suka dengan bau telur yang amis Moms dapat mengganti telur dengan 2 sdm terigu. Sedangkan untuk membuat tepung panir menempel, Moms bisa mengganti kocokan putih telur dengan tepung terigu yang telah diencerkan.