Mudah Lupa saat Hamil?

Merries Insight
06 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
Mudah Lupa saat Hamil?

Mungkin Moms pernah mengalami pengalaman yang satu ini ketika hamil. Wanita yang sedang hamil cenderung menjadi pelupa serta sulit untuk berkonsentrasi. Kira-kira apa penyebabnya? Anda akan menemukan jawabannya dari penjelasan berikut ini.

Mungkin anda dan wanita hamil lainnya tidak menyadari bahwa saat hamil, anda juga akan mengalami perubahan fokus pada otak anda. Pikiran anda akan lebih fokus pada janin yang ada di dalam kandungan anda. Setiap harinya anda akan memikirkan apakah janin anda sudah tercukupi asupan gizinya, apakah anda sudah siap untuk menjalani masa persalinan, apa saja yang perlu disiapkan menjelang kelahiran si kecil, dan lain sebagainya. pikiran-pikiran ini menyita perhatian anda. akibatnya anda menjadi kurang bisa fokus pada hal-hal lain selain kehamilan.

Sebuah hipotesa menunjukan jumlah hormon yang meningkat (progesterone dan estrogen) selama anda menjalani masa kehamilan ternyata berdampak kurang baik pada sel-sel saraf di otak anda. padahal sel-sel saaraf ini berperan sebagai pengatur daya ingat serta pengatur fungsi kognitif anda. kurangnya zat besi pada ibu hamil ternyata juga berpengaruh pada kurangnya suplai oksigen yang diangkut ke otak.

Penyebab lainnya yaitu insomnia/ kesulitan tidur yang juga sering dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Insomnia biasanya menyerang di akhir masa trimester pertama. Pada masa ini, Moms kurang istirahat dan merasa terlalu lelah sehingga berpengaruh pada kualitas konsentrasi. Contoh kejadian yang menunjukan kurang konsentrasi pada ibu hamil adalah sering menjatuhkan benda yang sedang dipegang, memecahkan piring ketika sedang mencuci piring, dan lain sebagainya.

Moms yang pernah mengalaminya pasti merasa terganggu dan tidak nyaman. Gangguan memori dan konsentrasi semasa hamil seperti memang dialami oleh kebanyakan ibu hamil. Hanya saja tiap individu levelnya berbeda. Perbedaan level gangguan memori ini tentunya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti faktor kesehatan mental, kualitas tidur, perubahan hormon dalam tubuh, dll.

Nah, dari informasi di atas, Moms yang kini sedang hamil dan kerap mengalaminya, anda bisa lakukan pencegahan seperti membagi perhatian anda ke hal-hal lainnya, cukupkan asupan zat besi, dan cukup istirahat dan jangan terlalu lelah. Selamat mencoba.