Menghadapi Si Kecil Yang Suka Mengatur

Merries Insight
21 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Menghadapi Si Kecil Yang Suka Mengatur

Melihat keceriaan si kecil membuat Moms ikut merasakan keceriaan. Sifat si kecil yang masih lugu dan manis menjadikan Moms semakin sayang. Seiring pertambahan usia dan memiliki teman maka sifat si kecil mulai berbeda. Perkembangan kecerdasan dan kemampuan berpikir yang semakin baik. Mulai mengerti kemauan yang terkadang membuat Moms tidak boleh lelah untuk menasehati.

Kemauan si kecil lebih tertuju pada membeli mainan. Melihat teman memiliki mainan baru maka si kecil merengek untuk meminta mainan yang sama. Ketika sudah memiliki mainan yang diharapkan si kecil kembali berulah. Memiliki teman yang suka mengatur saat bermain, maka si kecil akan ikut menjadi orang yang suka mengatur ketika di rumah.

Jika si kecil Moms terlihat suka mengatur, maka jangan bertindak keras. Berikut adalah cara dalam menghadapi si kecil yang suka mengatur.

  1. Ketika si kecil terlihat mengatur salah seorang anggota keluarga, maka nasehati pelan untuk tidak bersikap seperti itu.
  2. Jika si kecil tetap ngotot maka ajak si kecil duduk berdua. Moms berikan kembali nasehat yang selalu Moms berikan ketika si kecil mengatur.
  3. Tanyakan kepada si kecil kenapa si kecil selalu suka mengatur. Moms akan memperoleh jawaban pasti dan dapat mengarahkan si kecil untuk bersikap lebih baik.
  4. Usahakan berbicara kepada si kecil seperti mengajak mengobrol. Marah akan membuat si kecil tambah memperlihatkan aksi suka mengatur.

Moms perlu waspada karena ketika si kecil bertemu teman yang suka mengatur, si kecil akan kembali beraksi di rumah. Moms tidak boleh bosan untuk terus mengajarkan hal-hal baik kepada si kecil.