Mengenal Keterampilan Si Kecil Sesuai Pertambahan Usianya

Merries Insight
01 Agustus 2016
Umum
Share
Mengenal Keterampilan Si Kecil Sesuai Pertambahan Usianya

Moms, agar bisa tahu apakah tumbuh kembang si kecil termasuk normal, Moms diwajibkan tahu apa saja tahap-tahap perkembangan bayi sesuai dengan usianya. Berikut merupakan perkembangan bayi sesuai dengan tahapan usianya, dimulai daru usia 1 s/d 12 bulan.

1 bulan

Di bulan pertamanya, si kecil akan lebih banyak tidur, dan hanya bisa menangis ketika merasa lapar atau merasa tidak nyaman dengan pakaian atau lingkungannya. Selain itu, gerakan yang dilakukannya pun hanya sebatas refleks saja.

2 bulan

Di usia 2 bulan, biasanya si kecil sudah bisa memiringkan kepala ke kanan dan kiri, melihat dan mengikuti objek yang dianggapnya menarik, tersenyum dan lainnya. Selain itu, biasanya si kecil sudah mulai mengeluarkan suara, walaupun belum bisa diajak main.

3 bulan

Saat ini, si kecil sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, dari mulai mengangkat kepala, menggerakkan dan menggenggam mainan dengan kedua tangannya, merespon apa yang Moms ucapkan, dan mencari sumber suara. Terkadang, si kecil pun akan menangis kalau ditinggal.

4 bulan

Saat ini si kecil sudah mulai bisa tengkurap, memegang benda yang ditaruh di tangannya. Bahkan pada beberapa bayi, si kecil dapat menggeser tubuhnya untuk mencapai dan meraih benda yang dianggapnya menarik, memasukkan mainan ke mulutnya, dan sudah bisa diajak main.

5 bulan

Saat ini si kecil sedang senang bermain dengan mainannya, bahkan menunjukan sikap protes dengan menangis ketika mainannya diambil, atau berhenti menangis ketika mendengar suara Moms. Selain itu, perkembangan fisiknya pun sudah mulai terlihat drastis.

6 bulan

Saat ini, si kecil sudah mulai bisa berguling, tengkurap dan telentang kembali. Untuk beberapa bayi, si kecil biasanya sudah bisa duduk tanpa disangga punggungnya. Tapi belum bisa duduk sendiri ya Moms! Selain itu, si kecil pun makin asyik diajak main.

7 bulan

Si kecil sudah mulai bisa mengangkat badannya dengan menggunakan tangan dan lutut. Dia pun sudah sangat fasih tengkurap dan bergerak untuk mengambil makanannya. Selain itu, si kecil pun kini sudah bisa menggeser badannya mundur atau maju.

8 bulan

Walaupun masih belum sempurna, saat ini si kecil sudah bisa merangkak, duduk tanpa bantuan dan sudah bisa memegang botol susunya sendiri. Selain itu, si kecil pun sudah mulai bisa berkomunikasi dengan berteriak memanggil orang-orang yang ada di sekitarnya.

9 bulan

Saat ini, si kecil sudah bisa berdiri ketika tangannya dipegang, walaupun hanya beberapa detik sampai akhirnya duduk kembali. Selain itu, si kecil pun sudah bisa duduk sendiri dan mengerti satu atau dua kata, sudah bisa diperintah dan aksi-aksi menarik lainnya.

10 bulan

Si kecil sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan orang lain, bisa merangkak dengan baik, bahkan sudah belajar berjalan, walaupun masih merambat di tembok atau kursi. Si kecil pun sudah mulai mengeluarkan kata-kata, papa atau mama.

11 bulan

Si kecil saat ini sudah bisa belajar berjalan dan mulai senang bergerak. Selain merambat, si kecil pun sudah bisa berjalan dengan dipapah kedua tangannya. Jika diam, si kecil sudah mulai bisa berdiri lama, mengubah posisi duduk sendiri. Beberapa bayi bahkan sudah bisa berdiri sendiri, walaupun belum bisa berjalan.

12 bulan

Saat ini harusnya si kecil sudah mulai punya keberanian untuk melangkah, walaupun masih ragu-ragu dan belum stabil. Ini normal Moms, yang perlu Moms perhatikan adalah, pastikan si kecil belajar di tempat yang aman, dan tidak menyebabkan trauma jika terjatuh nanti.

Moms, itu dia perkembangan bayi dari 1 hingga 12 bulan. Jika si kecil mengalami perkembangan yang sedikit terlambat, jangan khawatir, yang harus Moms lakukan adalah dengan terus menstimulasinya. Selain itu, pastikan juga si kecil tidak menderita obesitas.