Mengenal Faktor-Faktor yang Bisa Menyebabkan Keguguran

Merries Insight
08 April 2016
Umum
Share
Mengenal Faktor-Faktor yang Bisa Menyebabkan Keguguran

Mengetahui beberapa faktor penyebab yang bisa menyebabkan keguguran bermanfaat bagi Moms untuk mencegahnya. Keguguran biasanya sering terjadi pada trimester pertama yang semakin mengecil faktor resikonya saat kehamilan sudah masuk trimester selanjutnya. Sebenarnya faktor penyebab keguguran bisa bermacam-macam. Inilah beberapa faktor yang harus diketahui ya Moms.

Pola Makan Kurang Sehat

Terkadang Moms kurang memperhatikan asupan gizi selama proses kehamilan karena merasa kurang nafsu makan. Tetapi, Moms harus tetap memperhatikan jumlah asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh agar kehamilan menjadi kuat. Asupan gizi berguna juga untuk janin loh Moms. Menerapkan pola makan salah dan kurang sehat juga berbahaya bagi kehamilan Moms. Misalnya, mengkonsumsi makanan mentah dan daging-dagingan mentah karena bisa memunculkan bakteri jahat yang menyebabkan keguguran.

Kondisi Rahim

Faktor lain penyebab keguguran adalah kondisi kehamilan. Biasanya kondisi rahim setiap Moms dengan lainnya berbeda-beda. Ada Moms yang mempunyai rahim sangat kuat tetapi sebaliknya ada yang punya rahim lemah. Perkembangan janin pastinya harus selalu naik bobotnya. Dalam kondisi seperti itu, baru bisa dikatakan bahwa rahim sehat. Apabila rahin lemah tentu saja tak mampu menahan berat janin yang kemudian keluar dan terjadilah proses keguguran. Periksalah kondisi rahim Moms setiap saat untuk mengeceknya.

Kesehatan Para Moms

Kondisi kesehatan para Moms juga berpengaruh terhadap kondisi kehamilan. Jika kondisi kesehatan kurang bagus, maka hal itu bisa berakibat pada keguguran. Bagi Moms yang sehat dan tak ada masalah pada kehamilan maka rentan terhadap keguguran. Berbeda dengan beberapa Moms yang punya riwayat sakit seperti gangguan hormonal, imunitas, infeksi penyakit kronis, dan TORCH. Besar kemungkinan para moms itu akan mengalami keguguran.

Rhesus Negatif Pada Ibu Hamil

Sudah tahukah Moms bahwa rhesus pada ibu hamil ada kaitannya dengan keguguran? Rhesus merupakan antigen yang terkandung di permukaan sel darah merah terdiri dari rhesus positif dan negative. Setiap pasangan biasanya mempunyai rhesus yang sama tetapi tak jarang yang berbeda.

Apabila Moms punya rhesus negatif dan suami Moms positif, hal ini bisa menyebabkan kemungkinan janin yang dikandung memiliki rhesus positif. Tubuh Moms akan membentuk antibody yang bisa menghancurkan sel darah merah janin dan itu berbahaya karena bisa meningkatkan resiko keguguran. Berhati-hatilah jika terjadi hal seperti ini pada Moms.

Merokok dan Minum Alkohol

Ada dua faktor lainnya yang bisa menyebabkan keguguran yaitu merokok dan minum alkohol. Kedua hal tersebut sangat dilarang selama kehamilan. Jika Moms merupakan perokok dan suka minum alkohol, sebaiknya dihentikan sementara untuk kelangsungan umur kehamilan. Ada hubungan mengkonsumsi kafein tinggi dengan resiko keguguran.