Mengenal Alternatif Minyak Telon Untuk Menghangatkan Si Kecil

Mengenal Alternatif Minyak Telon Untuk Menghangatkan Si Kecil

Minyak telon termasuk ramuan tradisional yang sudah umum digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi. Sebenarnya penggunaan minyak tersebut bukan hal yang wajib. Selain itu jika dikembalikan lagi sesuai dengan fungsinya sebagai penghangat, minyak telon bukan satu – satunya cara yang dapat digunakan untuk menghangatkan bayi. Masih ada banyak cara lainnya yang dapat dilakukan.

Efek hangat yang didapatkan dari minyak telon diharapkan dapat memberikan kenyamanan untuk si kecil. Efek hangat dan aromanya akan membantu melegakan pernafasan ketika hidung si kecil tersumbat. Hasilnya si kecil akan merasa nyaman dan dapat tidur lebih nyenyak. Pada dasarnya, tubuh si kecil harus selalu hangat.

Yang penting untuk diperhatikan, walaupun aman, minyak telon sebaiknya juga tidak digunakan sepanjang waktu. Minyak tersebut cukup digunakan secukupnya pada saat si kecil memerlukan kehangatan. Namun jika si kecil alergi terhadap minyak telon, tentu Moms harus mencari alternatif lainnya untuk menghangatkan tubuh si kecil. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghangatkan si kecil selain dengan menggunakan minyak telon.

Menggendong

Jika si kecil kedinginan, Moms dapat menggendongnya. Hal ini akan memindahkan panas dari tubuh ibu ke si kecil sehingga ia merasa lebih hangat dan nyaman. Perlu diketahui Moms bahwa menggendong adalah salah satu cara alami untuk menghangatkan tubuh si kecil.

Mendekap

Hampir sama dengan menggendong, memeluk dan mendekap si kecil juga akan merasa membuatnya lebih hangat. Pada saat mendekap, pastikan tubuh si kecil menempel pada dada sehingga kehangatan yang diperoleh si kecil lebih optimal..

Membedong

Ini merupakan salah satu cara yang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang di mana si kecil dibalut dengan kain. Dulu orang – orang meyakini bahwa membedong selain dapat menghangatkan tubuh si kecil juga akan membuat kakinya lebih lurus dan tidak berbentuk seperti huruf O dan huruf X. Namun membedong saat ini sudah mulai jarang dilakukan karena cuaca yang panas dan dikhawatirkan membuat si kecil tidak nyaman. Tetapi jika si kecil kedinginan, Moms dapat membedongnya. Namun pastikan untuk tidak membedongnya terlalu kencang dan tebal.

Menyelimuti

Ini adalah cara yang paling mudah dan praktis untuk membuat tubuh si kecil lebih hangat. Ketika si kecil kedinginan, selimuti dia dengan selimut yang tebal. Selain itu Moms juga dapat memakai topi bayi, kaus kaki, dan sarung tangan khusus bayi sehingga ia merasa hangat.