Mengajarkan Anak Makan Sendiri dengan Sendok Dan Garpu

Merries Insight
18 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Mengajarkan Anak Makan Sendiri dengan Sendok Dan Garpu

Mengajarkan anak untuk makan sendiri akan lebih baik jika dilakukan sedini mungkin. Pada usia 8 hingga 10 bulan ketika anak telah mampu duduk dengan terampil, mereka sebenarnya telah siap untuk belajar makan sendiri. Mengenalkan mereka pada buah atau makanan kering seperti biskuit bayi serta mengajarkan mereka untuk memegang dan menyuap sendiri adalah sebuah awal yang sangat baik. Berikut ini beberapa cara mengajarkan anak makan sendiri.

  1. Mengenalkan anak dengan meja makan kecil yang dirancang untuk batita akan memudahkan proses belajar makan sendiri selanjutnya serta mengajarkan kebiasaan baik untuk makan sambil duduk. Pada saat tersebut anak juga dapat diajarkan dan dikenalkan pada sendok dan garpu, ketrampilan memegang sendok dan garpu juga akan melatih kemampuan motorik halus.
  2. Pilih alat makan yang aman seperti piring, sendok dan garpu dari bahan plastik untuk mengurangi resiko bayi terluka karena sendok atau garpu yang tajam ataupun resiko piring yang pecah.
  3. Jangan khawatir kotor. Moms tidak perlu khawatir mengenai baju yang kotor karena proses belajar makan dengan menggunakan sendok dan garpu dipastikan akan terjadi tumpah ataupun kejadian makanan yang belepotan.
  4. Bimbing anak dengan sabar dan perhatikan mood belajar anak, ketahanan mood belajar setiap anak berbeda-beda. Sebaiknya hentikan kegiatan belajar menggunakan sendok dan garpu ketika anak telah bosan atau tertarik dengan kegiatan lain.
  5. Sediakan makanan yang mudah disendok seperti bubur yang agak kental atau potongan buah maupun agar-agar kenyal yang mudah ditusuk dengan garpu.

Mengajarkan anak makan sendiri memang bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita lebih memilih untuk menyuapi anak dengan alasan lebih cepat dan tidak repot. Moms harus sabar melakukannya karena hal ini sangat penting untuk anak nantinya.