Mengajaknya Bicara Bisa Membuatnya Lebih Cepat Bicara Pula? Mitos atau Fakta?

Merries Insight
12 November 2015
Umum
Share
Mengajaknya Bicara Bisa Membuatnya Lebih Cepat Bicara Pula? Mitos atau Fakta?

Bagi orang tua, salah satu momen yang paling ditunggu ketika membesarkan anak adalah, kata pertama yang keluar dari mulut mungil si kecil. Walaupun baru bisa mengucapkan kata mama, papa atau lainnya, tapi perasaan anda pasti sangat senang dan bangga dengan kemampuannya.

Apakah benar anak yang sering diajak bicara akan lebih cepat dalam berbicara?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Chicago, Amerika Serikat, menyatakan jika anak yang diasuh oleh orang tua yang sering mengajaknya bicara, dan melakukan gerakan tangan, akan lebih cepat bicara dan dalam menangkap informasi. Lebih dari itu, bayi yang banyak mendapatkan informasi, dia akan lebih cerdas dan percaya diri.

Karena itulah anda sangat disarankan untuk sering mengajak si kecil berbicara, seolah-olah obrolan anda dan si kecil nyambung. Selain itu, penelitian ini pun mendorong orang tua untuk lebih aktif lagi dalam mengasuh anak, sekaligus menstimulasi kecerdasan anak dan mengembangkan kemampuan bicaranya.

Berikut merupakan beberapa cara yang efektif untuk membuat si kecil lebih cepat bicara.

Ajak ngobrol

Seperti disebutkan di atas, lebih banyak mengajak si kecil ngobrol akan membuatnya lebih cepat bicara. Untuk itu, ajak si kecil untuk ngobrol, dan jangan lupa sertakan juga gerak tangan dan perubahan mimik wajah agar si kecil lebih mudah menangkap informasi yang anda berikan.

Bermain cermin

Bermainlah di depan cermin untuk menstimulasi kemampuan bicara si kecil. Tunjukan anggota tubuh si kecil, dan beri tahu namanya. Mungkin awalnya si kecil akan menyangka ini permainan, tapi lama kelamaan kegiatan ini akan berubah menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan.

Membacakan buku cerita

Tidak ada batasan usia untuk mulai mengajarkan si kecil dekat dengan buku, bahkan kegiatan ini bisa dilakukan semenjak si kecil masih bayi. Untuk itu, mulailah untuk sering membacakan cerita kepada si kecil, agar kemampuan bicara dan perkembangan otaknya lebih baik.

Bernyanyi

Selain menyenangkan, bernyanyi juga merupakan simbol dari keceriaan. Untuk itu, ajaklah si kecil untuk bernyanyi. Selain itu, bernyanyi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengajak main, sekaligus mengajarkan si kecil untuk lebih cepat bicara.

Bagaimana Moms, sudah tahu kan jika mengajak bayi bicara bukan hanya mitos saja? Yuk, ajak main si kecil agar lebih ceria dan lebih cepat bicara. Selamat bermain Moms!