Memperkenalkan Internet Sesuai Usia Anak

Memperkenalkan Internet Sesuai Usia Anak

Di jaman modern ini, banyak orang tua yang kebingungan kapan saat yang tepat dan bagaimana cara memperkenalkan anak pada Internet. Ada beberapa cara di bawah ini yang bisa Moms gunakan untuk mengenalkan anak kepada dunia Internet sesuai dengan kesiapan usia mereka.

Anak Usia 4 Sampai 7 Tahun

Fase awal Moms bisa mengenalkan dunia Internet kepada anak bisa dimulai saat ini. Pada masa ini, anak mulai tertarik untuk melakukan eksplorasi sendiri dan mencari tahu apa yang dia inginkan. Di sinilah peran orang tua sangat penting untuk selalu mendampingi ketika anak menggunakan Internet di rumah.

Orang tua juga harus mempertimbangkan untuk memberikan batasan-batasan situs tertentu yang boleh dikunjungi oleh anak-anak berdasarkan pengamatan Moms sebelumnya. Gunakan search engine khusus anak-anak atau family sebagai situs yang wajib dibuka saat pertama kali terhubung dengan Internet supaya anak-anak tahu bahwa Internet merupakan sarana belajar, bukan hanya sarana bermain.

Anak Usia 7 Sampai 10 Tahun

Dalam usia ini anak akan mulai mencari informasi dan juga kehidupan sosial di luar keluarga mereka sendiri. Inilah waktunya faktor pertemanan akan bermain dan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan seorang anak.

Anak memang harus didorong untuk mampu melakukan eksplorasi sendiri tanpa harus disediakan oleh orang tua, tetapi partisipasi dari orang tua masih mutlak dibutuhkan. Tempatkan perangkat yang berinternet di ruang terbuka di rumah seperti ruangan keluarga. Pertimbangkan pula untuk menggunakan software filter konten khusus anak-anak, memasang search engine khusus anak-anak, dan family filter.

Anak Usia 10 Sampai 12 Tahun

Inilah masa yang disebut juga masa pra-remaja atau masa pengetahuan, anak akan meminta lebih banyak pengalaman dan juga kebebasan dari Moms dalam mengakses situs-situs di Internet. Moms dapat mengenalkan fungsi Internet sebagai sarana untuk membantu tugas sekolah ataupun untuk menemukan hal-hal yang berkaitan dengan hobi mereka.

Dalam masa ini, perhatian orang tua tidak hanya pada apa yang mereka lihat di Internet saja, akan tetapi juga pada berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk online. Dalam hal ini, tugas Moms adalah membantu untuk mengarahkan kebebasan mereka dan berikanlah batasan berapa lama mereka bisa mengggunakan Internet. Libatkan pula mereka pada kegiatan lainnya selain kegiatan online, seperti olahraga, les musik atau membaca buku.

Orang tua sebagai contoh, juga sebaiknya jangan terlalu sering terlihat menggunakan komputer terlalu lama atau terus bermain dengan gadget. Anak-anak akan cenderung meniru perilaku orang tua, sehingga pastikan kita memberikan contoh yang baik ya, Moms.