Membersihkan Kotoran Mata Si Kecil, Pakai Cara Ini Ya Moms!

Merries Insight
14 Januari 2019
Umum
Share
Membersihkan Kotoran Mata Si Kecil, Pakai Cara Ini Ya Moms!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Kenapa mata bisa belekan?
  2. Penyebab Mata Si Kecil Belekan
  3. Cara Mengatasi Mata Si Kecil Yang Belekan
  4. Kapan harus mewaspadai mata si kecil belekan?

Kotoran mata atau belekan merupakan hal yang biasa terjadi pada anak-anak. Belek ini muncul setelah Si Kecil bangun tidur, dan biasanya akan dibersihkan sambil mencuci muka, tapi ada juga yang mencungkil dengan jari untuk membersihkannya.

Kenapa mata bisa belekan?

Dilansir dalam alodokter, selain untuk melumasi mata, air mata berfungsi untuk menyaring dan membilas mata agar terbebas dari banyak kotoran yang secara tidak sadar masuk ke dalam mata Si Kecil. Misalnya saja debu, sel kulit mati, dan partikel kecil lainnya.

Nah saat Si Kecil tidur, permukaan mata akan tertutup rapat. Menariknya, air mata masih terus bekerja untuk melanjutkan proses pembersihan mata. Gaya gravitasi memainkan peran penting dalam membantu menjatuhkan kotoran ke bagian bawah mata (pojok mata bagian dalam atau bagian luar).

Beberapa kotoran ada yang terbuang, tapi kotoran yang berbentuk partikel besar akan tersangkut di sudut mata (terkadang di sepanjang area bulu mata), dan mengeras. Sisa kotoran inilah yang kemudian kita kenal dengan istilah belek atau kotoran mata.

Penyebab Mata Si Kecil Belekan

Mata belekan merupakan hal yang cukup sering terjadi, biasanya masalah ini terjadi di awal-awal masa kehidupan Si Kecil. Seperti biasa, belek ini akan muncul setelah bangun tidur. Dalam tingkat yang parah, belek bisa membuat Si Kecil sulit membuka mata karena menutupi hampir seluruh permukaan mata.

Mengenai penyebabnya, mata Si Kecil yang belekan terjadi karena perkembangan dan pembukaan saluran air matanya terlambat, sehingga air mata yang seharusnya mengalir ke permukaan mata, malah tertahan di sudut mata, dan menyebabkan terbentuknya kotoran mata atau yang biasa kita kenal dengan istilah belek.

Meskipun begitu, masalah ini pun sering menimpa pada para Balita. Ada banyak penyebabnya, dari mulai Si Kecil yang terlalu banyak terpapar udara kotor saat bermain, hinga disebabkan karena infeksi. (oleh Dr Aditya Suryansyah SpA, dokter spesialis anak dari RSAB Harapan Kita)

Cara Mengatasi Mata Si Kecil Yang Belekan

Jika Si Kecil sudah masuk dalam kategori Batita, belek bisa disingkirkan dengan cara dicungkil menggunakan tangan saat mandi. Agar lebih gampang, Moms bisa membasahi dulu tangan, kemudian bersihkan belek di sudut mata Si Kecil.

Jika Si Kecil baru lahir, Moms tidak boleh asal membuang belek. Ada trik khusus yang bisa dilakukan, yakni dengan cara:

  1. Cuci tangan hingga bersih. Jika memungkinkan, cuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik atau sabun khusus pencuci tangan.
  2. Siapkan air hangat, kapas dan beberapa cotton bud bersih. Pilih cotton bud berukuran besar.
  3. Basahi kapas atau cotton bud dengan air hangat, dan usapkan pada mata Si Kecil. mulailah dari sudur bagian luar mata, hingga ke sudur bagian dalam mata.
  4. Ganti kapas atau cotton bud yang sudah digunakan, kemudian ulangi lagi hingga mata Si Kecil benar-benar bebas dari belek.
  5. Terakhir, usap mata Si Kecil dengan kapas basah dan masih bersih sambil jari kelingking sedikit memijat mata.
  6. Untuk belek yang berada di area tengah mata, Moms bisa mengusapnya dengan menarik ke bagian bawah untu area bawah mata, dan sebaliknya.

Perlu diingat, sebaiknya jangan menggunakan handuk atau kain lap bayi. Bahan ini tergolong kasar dan bisa melukai mata Si Kecil.

Kapan harus mewaspadai mata si kecil belekan?

Jika belek muncul setelah bangun tidur dan tidak lengket, Moms tidak perlu khawatir. Tapi jika terus muncul, membuat mata terasa gatal, atau bahkan bengkak, Moms harus waspada. Bisa jadi ini tanda infeksi. (oleh dr Nashrul Ihsan, SpM., ahli kesehatan mata dari RS Mata JEC - Jakarta Eye Center)

Selain itu, ada beberapa tanda lainnya belek harus diwaspadai, diantaranya :

  1. Muncul belek berwarna kekuningan atau kehijauan.
  2. Terdapat nanah yang keluar dari mata Si Kecil.
  3. Warna belek putih, mata memerah dan kelopak mata membengkak.
  4. Si Kecil terlihat kesulitan untuk membuka kedua matanya, padahal belek sudah dibersihkan.
  5. Struktur mata atau kelopak mata jadi tidak teratur, seperti bengkak dan lainnya.

Jika ada tanda-tanda di atas, Moms harus waspada. Segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Belek karena infeksi tidak bisa dibiarkan karena bisa menyebabkan keburaan.