Memastikan Terjadinya Kehamilan dengan Tes Urin

Merries Insight
15 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Memastikan Terjadinya Kehamilan dengan Tes Urin

Banyak cara untuk mengetahui terjadinya kehamilan meliputi tes urin, darah, ataupun dengan USG. Namun, hal yang paling biasa dilakukan Moms ialah memastikan kehamilan dengan tes urin. Pengetesan ini dilakukan dengan menguji keberadaan HSG yaitu hormon yang dikeluarkan oleh plasenta ketika embrio mulai menempel pada dinding rahim Moms. Inilah bagaimana caranya memastikan kehamilan dengan test urin:

  • Pastikan Moms mengetes kehamilan di pagi hari saat bangun tidur. Tampunglah sedikit air seni yang Moms keluarkan pada wadah yang telah dipersiapkan. Masukkan pipet test kehamilan pada wadah tersebut selama 5 hingga 10 detik. Sebelum melakukan pengetesan ini, tahanlah keinginan buang air kecil sehingga urin yang dikeluarkan lebih pekat dan mengandung HCG banyak.
  • Angkat dan diamkan sejenak hingga alat test kehamilan tersebut menunjukkan dua garis merah. Jika pengetesan pertama belum terlihat, tunggulah beberapa waktu setelah ovulasi terjadi. Hari pengetesan terbaik dilakukan pada hari ketujuh setelah ovulasi terjadi. Produksi HCG semakin sempurna jika jangka waktu antara ovulasi dengan pengetesan berjarak lama. Pengetesan ini biasanaya sulit menunjukkan tanda kehamilan karena hormon HCG belum diproduksi banyak oleh plasenta. Jadi, jika Moms belum melihat tanda kehamilan dari pengetesan dengan test urin, tunggulah beberapa waktu karena tanda ini dapat tertutupi oleh siklus menstruasi wanita yang panjang.
  • Tidak semua Moms berhasil melakukan test kehamilan urin ini dengan sukses. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas sel telur dan rahim yang dimiliki. Untuk membaca hasil test, Moms dapat melihat langsung di alat test tersebut. Alat test kehamilan urin biasanya memiliki dua jendela yaitu jendela kontrol dan jendela hasil test. Jika Moms melakukan pengetesan kehamilan yang salah, jendela kontrol dapat menunjukkan kesalahannya. Demikian dengan jendela hasil test yang dapat memberikan hasil test kehamilan Moms positif atau negatif. Jika menunjukkan positif, maka warna hasil test menunjukkan dua garis merah. Itulah bagaimana caranya memastikan kehamilan dengan menggunakan test pack untuk Moms dari Merries ini.