Mau Si Kecil Tumbuh Tinggi? Perhatikan 7 Nutrisi Penting Ini Moms!

Merries Insight
23 September 2016
Tumbuh Kembang
Share
Mau Si Kecil Tumbuh Tinggi? Perhatikan 7 Nutrisi Penting Ini Moms!

Sebagai orangtua, Moms tidak dapat mengabaikan nutrisi anak supaya ia tumbuh dengan optimal. Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung energi dan makronutrien meliputi protein, lemak, karbohidrat, dan air, Moms juga perlu memperhatikan asupan mikronutrien si kecil. Bahkan para pakar juga mengatakan bahwa anak mengalami gangguan pertumbuhan karena kekurangan asupan mikronutrien.

Mikronutrien merupakan zat gizi yang diperlukan dalam jumlah sedikit namun sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk berkembang dan tumbuh setiap saat. Zat termasuk mikronutrien meliputi mineral dan vitamin yang beberapa di antaranya memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan anak.

Vitamin A

Zat ini diperlukan untuk membantu perkembangan jaringan lemak, rangka, dan memperbanyak sel tulang. Kebutuhan vitamin A pada bayi usia 0-6 bulan adalah 400 mikrogram, 7 bulan – 1 tahun 500 mikrogram, 1-3 tahun 300 mikrogram. Vitamin A banyak terdapat pada kentang, susu, telur, bayam, mangga, dan wortel.

Vitamin C

Vitamin C berperan penting untuk penyusunan komponen struktural penting bagi pembuluh darah, jaringan ikat, tulang, dan otot. Vitamin C juga sangat penting untuk proses pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh serta sebagai antioksidan. Kebutuhan per hari untuk anak usia 1-3 tahun adalah 15 mg. Sumber vitamin C antara lain adalah stroberi, jeruk, jambu biji, kentang, tomat, dan brokoli.

Vitamin D

Zat ini berperan penting dalam mempertahankan kalsium di dalam tubuh yang sangat penting untuk fungsi sistem saraf dan pertumbuhan serta mempertahankan kepadatan tulang. Selain itu, vitamin D juga diperlukan untuk penggunaan kalsium secara efisien. Kebutuhan harian vitamin D untuk anak usia 0-3 tahun adalah 5 mikrogram. Kandungan vitamin ini banyak terdapat pada salmon, kuning telur, makarel, dan sinar matahari pagi

Seng (Zn)

Mineral ini berperan untuk memperbaiki pertumbuhan, mempercepat penyembuhan luka, dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Kebutuhan per hari untuk bayi 0-6 bulan adalah 2 mg dan anak usia 7 bulan-3 tahun 3 mg. Sumber mineral seng terdapat pada almond, tiram, telur, ikan, dan daging.

Kalsium (Ca)

Ini adalah elemen penting untuk struktur tulang dan gigi. Hampir 90% kalsium dalam tubuh terdapat pada tulang dan gigi. Kebutuhan kalsium per hari pada anak 0-6 bulan adalah 210 mg, anak 7 bulan –1 tahun 270 mg, dan anak usia 1-3 tahun 500 mg. Kalsium banyak terdapat pada yoghurt, keju, susu, brokoli, bayam, dan kacang merah.

Selain berbagai kandungan nutrisi di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis mineral lain yang tidak kalah penting untuk pertumbuhan yaitu Yodium, Fosfor, dan Magnesium. Makanan beryodium di antaranya adalah tuna, udang, dan rumput laut. Makanan yang mengandung fosfor adalah keju, ikan, telur, daging, dan susu. Sedangkan makanan yang mengandung magnesium adalah seral, beras merah, bayam, dan kacang.