Mau Si Kecil Lahir Cerdas? Ini yang Sebaiknya Moms Lakukan!

Mau Si Kecil Lahir Cerdas? Ini yang Sebaiknya Moms Lakukan!

Memiliki anak cerdas dan pintar sejak lahir pastinya menjadi dambaan setiap Moms. Ternyata untuk menjadikan si kecil lebih cerdas sedari lahir, ada beberapa langkah yang bisa Moms lakukan. Inilah beberapa cara yang bisa meningkatkan kecerdasan si kecil sejak lahir.

Ajaklah Berbicara

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan sesering mungkin mengajak si kecil berbicara. Moms bisa mengajak berbicara si kecil sedari di dalam janin atau sejak dilahirkan. Berinteraksi dengan si kecil sangat berguna untuk merangsang kecerdasan si kecil. Moms bisa memuji si kecil, memanggil namanya, ataupun merespon sesuatu kejadian. Si kecil akan menjadi pendengar yang sangat baik bagi Moms. Mungkin si kecil belum bisa merespon dengan berbicara saat Moms mengajak berinterksi. Namun, si kecil bisa meresponnya melalui ekspresi yang diperlihatkan. Jadi, jangan bosan untuk mengajaknya berinteraksi.

Mengajak Bernyanyi

Selain mengajak si kecil berinteraksi, tak ada salahnya Moms mengajak si kecil bernyanyi. Perkenalkanlah nada-nada dan syair nyanyian agar si kecil bisa mendengarkan nyanyian Moms dan menyadari bahwa Moms sedang mengajaknya bernyanyi. Dengan cara ini, si kecil cepat atau lambat akan meresponnya. Yang terpenting adalah si kecil menjadi gembira dan senang karena diikutkan dalam aktivitas Moms.

Walaupun Moms mengajak si kecil bernyanyi, tetapi Moms tetap harus menghindari suara-suara keras yang sangat mengganggu. Suara keras dan berisik akan mempengaruhi daya konsentrasi si kecil. Si kecil sangat membutuhkan situasi tenang dan nyaman untuk mencoba memahami sesuatu. Lakukanlah stimulasi secara bertahap agar daya kerja otak si kecil tidak terlalu cepat.

Membacakan Buku Cerita

Cara selanjutnya adalah dengan membacakan buku cerita pada si kecil. Tak ada salahnya mulai memperkenalkan si kecil sejak lahir tentang cerita dongeng dari buku bacaan. Membaca ternyata berguna untuk membuat si kecil menyukai pada buku dan meningkatkan perbendaharaan katanya. Moms bisa membacakan cerita dongeng dengan intonasi keras dan jelas agar si kecil bisa sedikit memahami tentang apa yang Moms katakan. Lakukanlah hal ini sedari lahir walaupun si kecil belum paham tentang keseluruhan isi cerita di buku bacaan. Merespon Sinyal dari Si Kecil

Bayi yang dilahirkan pastinya belum bisa merespon setiap kejadian dengan berbicara. Tetapi, biasanya si kecil bisa meresponnya dengan sinyal ataupun ekspresi yang diberikan. Moms harus bisa menangkap respon-respon si kecil saat sedang berinteraksi bersamanya agar si kecil merasa diperhatikan. Misalnya, saat si kecil mengeluarkan suara “Aaaa..” ada bisa membalasnya dengan menirukan suara si kecil tersebut.