Manfaat Main Sepeda untuk Si Kecil

Manfaat Main Sepeda untuk Si Kecil

Bermain sepeda adalah kegiatan yang menyenangkan untuk si kecil, Sebagai orangtua, Moms pasti sering mengajak si kecil bersepeda baik pagi hari atau sore hari sambil menyuapinya. Dengan mengajak si kecil bersepeda, tanpa disadari Moms telah melatih kemampuan motorik si kecil berkembang. Jenis sepeda yang umum digunakan untuk balita adalah sepeda roda tiga dan sepeda roda empat.

Bermain sepeda memang tidak hanya memberikan perasaan senang untuk si kecil, namun juga mengandung sejumlah manfaat lainnya. Berikut ini adalah manfaat yang dapat diperoleh si kecil ketika bermain sepeda.

Belajar Percaya Diri dan Berani

Biasanya si kecil kalau baru melihat sepeda hanya mencoba memegang dan mendorong sepeda tersebut. Setelah itu Moms mencoba mendudukannya di atas tempat duduk sambil Moms mendorongnya. Selanjutnya si kecil pun mulai berusaha duduk sendiri di atas sepeda tersebut sambil mendorongnya dengan kaki dan mencoba meletakkan kakinya pada pedal sepeda serta belajar menggerakannya sampai ia bisa mengendarainya sendiri. Tentunya proses memerlukan kepercayaan diri dan keberanian si kecil hingga ia dapat menggunakan sepeda roda dua pada usia selanjutnya.

Melatih Kemampuan Motorik Kasar

Bersepeda dapat memberikan kesempatan bagi si kecil untuk melatih keterampilan motorik kasarnya. Pada saat bermain sepeda, si kecil dapat mengasah kemampuan otot tangan dan kaki saat mengayuh serta mengendalikan kemudi sepeda.

Melatih Koordinasi Anggota Tubuh

Ketika si kecil bersepeda, tangan, kaki, mata, dan keseimbangan bekerja bersamaan sehingga kegiatan ini telah menciptakan rangkaian koordinasi antara kegiatan tersebut.

Memberikan Ruang Eksplorasi dan Interaksi

Kegiatan bersepeda membuat si kecil bereksplorasi menjelajahi wilayah yang lebih luas. Dengan demikian, hal ini akan mengasah kemampuan adaptasi si kecil di lingkungan baru sebagai modal untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan mana saja.

Mengatasi Masalah

Pada saat bersepeda, si kecil dapat mengatasi masalahnya sendiri seperti saat bersepeda ia mungkin akan bertabrakan dengan sepeda milik temannya. Agar tidak menabrak, ia akan berusaha membelokkan sepedanya.

Nah itulah beberapa manfaat bersepeda untuk si kecil Moms. Namun sebelum Moms mengajak si kecil bersepeda, Moms harus lebih dulu memperhatikan berbagai hal yang mungkin membahayakan si kecil.

Oleh sebab itu sangat penting untuk memperhatikan faktor keamanan si kecil saat bermain sepeda. Pastikan ia bersepeda di tempat yang aman. Jika rumah berada di dekat jalan raya, ajak si kecil bermain sepeda di dalam rumah atau halaman rumah.