Makanan-Makanan ini Cocok untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

Makanan-Makanan ini Cocok untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

Asupan gizi ibu hamil memang mesti dijaga dan dipenuhi dengan baik. Pasalnya makanan yang dikonsumsi tidak hanya berpengaruh pada kesehatan Moms, tetapi juga perkembangan janin. Akan tetapi, bagi Moms yang menderita diabetes, tentu mempunyai batasan untuk makanan sehat yang boleh dikonsumsi. Hal ini seperlu menjaga kestabilan kadar gula darah supaya tidak terlalu tinggi selama masa kehamilan.

Moms yang mengandung dan menderita diabetes diwajibkan mengurangi asupan makanan manis, berkarbohidrat tinggi, dan makanan olahan dari tepung seperti roti, mie, atau bihun. Lantas makanan apa yang boleh dan aman dikonsumsi ibu hamil penderita diabetes? Yuk lanjutkan membacanya!

Menu Sehat Ibu Hamil Penderita Diabetes

Ibu hamil penderita diebetes tetap wajib makan secara teratur. Jangan melewatkan waktu makan karena berisiko pada hipoglikomia atau kadar gula darah yang terlalu rendah.

Kadar gula darah memang mesti dijaga stabil. Terlalu tinggi atau terlalu rendah, sama-sama berisiko mengganggu kesehatan Moms dan janin. Porsi makan bisa dikurangi, tetapi menjadi lebih sering misal 4-6 kali dalam sehari. Batasi asupan natrium dan makanan berbahan pengawet. Makanan yang dikonsumsi juga tidak bisa asal pilih. Beberapa makanan yang bagus untuk ibu hamil penderita diabetes diberikan sebagai berikut:

Makanan Kaya Serat

Konsumsi makanan kaya serat sepeti sayuran hijau dan buah yang bisa dimakan kulitnya. Misalnya buah jambu biji yang tidak terlalu manis dan cukup rendah indeks glikemiknya. Kandungan serat dalam jambu biji pun efektif menurunkan kadar gula dalam darah. Bahkan di dalam jambu biji juga terdapat kandungan vitamin A dan C yang akan mengoptimalkan daya tahan tubuh selama masa kehamilan Moms.

Susu Rendah Lemak

Untuk kesehatan Moms dan janin yang dikandung, Moms perlu mengonsumsi susu secara rutin setiap harinya. Hanya saja pilih susu rendah lemak atau malah susu tanpa lemak. Minum susu secara rutin 1-2 gelas setiap hari agar kadar gula darah tetap stabil dan tidak mengganggu kondisi janin Moms.

Kombinasi Oatmeal, Buah, dan Kacang-Kacangan

Kombinasi oatmeal, buah, dan kacang-kacangan juga baik bagi Moms penderita diabetes. Oatmeal diketahui kaya serat yang mampu membantu menstabilkan kadar gula darah. Demikian dengan beberapa jenis buah berair seperti jeruk dan pir. Moms bisa mengombinasikannya menjadi menu sarapan sehat harian.

Daging Sedikit Lemak

Meski menderita diabetes, Moms yang tengah mengandung masih boleh mengonsumsi daging dengan sedikit lemak. Misalnya ikan, daging ayam, kalkun tanpa kulit, atau tenderloin. Hanya saja cara memasaknya usahakan dengan minyak seminim mungkin. Untuk daging ayam Moms bisa memasaknya dengan cara fillet lalu digoreng dengan sedikit minyak. Berikan tambahan lada dan perasan jeruk nipis di atasnya.