Makanan-Makanan Ini Bisa Mengurangi Nyeri Tumbuh Gigi

Makanan-Makanan Ini Bisa Mengurangi Nyeri Tumbuh Gigi

Usia si kecil adalah usia premium di mana pertumbuhan manusia pada periode ini sangat pesat. Gigi pada Si kecil sebenarnya sudah mulai berkembang sejak di masa kandungan Moms, dengan cara menyerap kalsium yang berasal dari makanan yang Moms konsumsi. Gigi pertama Si kecil mulai tumbuh pada usia 10 minggu atau usia 3 sampai 4 bulan, tapi ada juga yang belum tumbuh hingga usia 6 bulan. Pada masa pertumbuhan gigi, gusi Si kecil akan terasa nyeri dan si kecil akan merasa tidak nyaman sehingga rewel dan enggan untuk makan. Si kecil yang enggan makan harus disiasati dengan memberikan makanan yang bisa meredakan nyeri pada gusi Si kecil akibat tumbuhnya gigi ya, Moms. Berikut adalah makanan-makanan pereda nyeri gusi pada Si kecil.

Timun

Tanda-tanda kalau Si kecil sudah mulai tumbuh gigi dan bukan karena masalah kesehatan adalah seringkali ia akan menggigit jarinya dan mengeluarkan banyak air liur. Pertumbuhan gigi juga dibarengi dengan demam ringan serta moody alias gampang marah dan gelisah. Moms bisa mencampurkan sayuran timun ke dalam tim karena timun bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri pada gusi Si kecil. Selain dicampurkan pada makanannya, Moms juga bisa memberikannya jus timun tanpa gula untuk menetralkan kadar pH pada mulutnya. pH mulut yang tidak seimbang berpengaruh terhadap rasa nyeri pada gusi.

Pisang

Pisang adalah buah yang punya tekstur lembut dan mengandung banyak nutrisi untuk daya tahan tubuh dan pencernaan Si kecil yang lebih sehat. Ketika gigi mulai tumbuh, Si kecil akan banyak memasukkan benda-benda masuk ke dalam mulutnya karena ia ingin merasakan sensasinya punya gigi baru. Moms bisa mengurangi terjadinya infeksi karena bakteri masuk ke dalam mulut dengan mengganti benda yang dipegang Si kecil dengan buah pisang. Dengan begitu buah pisanglah yang akan masuk ke dalam mulut Si kecil. Potonglah buah pisang jadi seukuran genggaman si kecil, atau bisa juga dibuat puree sebagai cemilan Si kecil untuk membantu meredakan rasa nyeri pada gusinya.

Alpukat

Buah alpukat juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan sakit pada gusi dengan memberikan tekstur makanan yang mudah dicerna untuk Si kecil yang masih membiasakan diri dengan anggota tubuh barunya. Sama seperti pisang, Moms juga bisa membuat puree dari alpukat atau dibuat jus. Tapi kalau dibuat jus sebaiknya tunggu sampai Si kecil sudah bisa duduk karena tekstur jus alpukat yang tidak terlalu halus bisa membuat Si kecil tersedak.