Lipatan di Paha Bayi Menandakan Kemungkinan Tinggi Badannya?

Merries Insight
06 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Lipatan di Paha Bayi Menandakan Kemungkinan Tinggi Badannya?

Moms, selalu ada ilmu baru yang dapat Moms pelajari dari merawat si kecil. Dengan berbekal ilmu baru itulah Moms dapat membekali diri untuk memberikan perawatan yang terbaik bagi si kecil. Karena di luar sana terdapat beberapa pro dan kontra seputar bayi, mulai dari bentuk fisik dan tubuhnya hingga tentang bagaimana cara merawatnya. Salah satu mitos yang banyak beredar ialah tentang lipatan pada paha si kecil.

Terdapat beberapa spekulasi yang beredar dan bermunculan seputar lipatan paha bayi. Salah satunya mitos yang menganggap bahwa jumlah lipatan pada paha bayi akan menentukan jenis kelamin adiknya kelak, apabila jumlah lipatan yang ada di paha anak pertama berjumlah dua maka jenis kelamin adiknya nanti perempuan, dan jika jumlah lipatan paha anak pertama adalah satu lipatan maka jenis kelamin adiknya nanti laki-laki. Namun, mitos hanyalah sebuah mitos, bukan seperti itu sebenarnya. Namun kembali lagi, orang berhak berargumen dan berpendapat.

Sebenarnya lipatan paha memungkinkan juga untuk menandakan tinggi si kecil Moms. Karena di saat pengukuran tinggi badan bayi, maka posisi bayi harus dalam keadaan tidur terlentang dan ditempatkan pada area yang datar. Setelah itu panjang badan akan diukur dengan cara meluruskan tubuh bayi, mulai dari kepala hingga bagian tumitnya. Maka secara otomatis lipatan paha bayi juga akan ikut lurus sehingga juga ikut terukur bukan? Nah, tentunya lipatan paha ini akan berpengaruh pada tinggi atau panjang badannya.

Alat ukur yang dipergunakan untuk mengukur tingginya ini harus terbuat dari bahan yang lentur Moms, sehingga tidak akan membuat kulit bayi ruam ataupun terluka. Moms bisa mencobanya sendiri, untuk menentukan apakah lipatan paha bayi menentukan tinggi atau panjang tubuhnya. Karena memang belum ada fakta yang menguak tentang hal tersebut.

Di dunia ini memang mengenal tentang mitos dan fakta Moms, tetapi hal-hal yang dianggap mitos memang terkadang bukan sebuah fakta. Melainkan hal yang timbul dari persepsi masyarakat luas saja. Sama halnya dengan yang terjadi terkait berita lipatan paha tersebut. Selama belum ada fakta atau bukti yang memperkuat mengenai berita tersebut ya bisa saja itu hanya sebagai mitos belaka. Namun, untuk pengukuran tinggi badan si kecil memang harus dengan posisi yang lurus, mulai dari bagian atas hingga bawah. Tetapi yang perlu Moms ketahui, memang setiap bayi mempunyai beberapa lipatan-lipatan di bagian tubuhnya, termasuk di bagian paha.

Nah Moms, jadilah orang tua yang berpikir cerdas dengan mengesampingkan mitos dan mengedepankan fakta. Apabila Moms masih bertanya-tanya terkait tinggi badan si kecil ditentukan dari lipatan paha, maka Moms dapat menggali informasi dari dokter anak atau yang telah ahli dalam hal bayi dan anak-anak. Sehingga informasi yang Moms dapatkan lebih terpercaya dan akurat. Bukan hanya mitos belaka.