Konsumsi Makanan Ini Bisa Membuat Kulit Lebih Terawat Selama Kehamilan Lho Moms

Merries Insight
08 Mei 2016
Umum
Share
Konsumsi Makanan Ini Bisa Membuat Kulit Lebih Terawat Selama Kehamilan Lho Moms

Salah satu masalah klasik yang dialami wanita ketika sedang hamil adalah, kulit yang cenderung kering. Cukup wajar sih, pasalnya perubahan hormon dan kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan, memang akan menyebabkan jatah nutrisi untuk kulit sedikit terpotong.

Dari segi kesehatan, mungkin ini bukan masalah besar, tapi bagi penampilan, jelas ini nggak banget! Nah Moms, supaya anda bisa terhindar dari berbagai masalah kulit, termasuk masalah kulit kering selama kehamilan, berikut merupakan beberapa makanan yang wajib anda konsumsi.

Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan, seperti pisang, pepaya, jeruk, semangka dan lainnya, memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan selama hamil. Uniknya lagi, semua buah-buahan tersebut pun memiliki efek positif bagi kulit, terutama untuk mengatasi masalah kulit kering.

Konsumsi buah-buahan segar secara rutin, minimalnya 1-2 jenis buah per hari. Anda bisa menjadikan buah-buahan sebagai jus tanpa gula, atau dikonsumsi secara langsung.

Makanan mengandung vitamin E

Bukan rahasia lagi jika vitamin E merupakan makanan terbaik untuk kulit. Untuk mendapatkannya, sebaiknya konsumsi beberapa makanan, seperti alpukat, biji rami, gandum, sayuran hijau dan brokoli.

Selain itu, vitamin E bisa anda dapatkan dari suplemen khusus, baik yang berbahan kimia atau yang berbahan herbal. Tapi ingat ya Moms, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum anda memutuskan produk suplemen vitamin E mana yang akan dikonsumsi.

Sayuran

Selain buah-buahan, sayuran pun memiliki andil yang cukup besar dalam menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Bagi kulit, sayuran efektif untuk memaksimalkan proses regenerasi kulit, menjaga kulit tetap terlihat adem, sekaligus mencegah kulit kering.

Selain itu, beberapa jenis sayuran pun dikenal memiliki kandungan air yang cukup melimpah, seperti mentium, tomat dan lainnya, yang efektif untuk mencegah dehidrasi kulit.

Makanan tinggi Omega-3

Ini kabar baik Moms! Selain efektif memaksimalkan perkembangan otak janin, asam lemak omega 3 pun berkhasiat untuk melembutkan dan mengatasi masalah kulit kering.

Untuk mendapatkan kandungan asam lemak Omega 3, anda bisa mengonsumsi beberapa makanan, seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan trout, biji rami, buah alpukat, kacang kenari dan beberapa makanan lainnya. Kalau ingin yang instan, anda bisa mengonsumsi minyak ikan siap pakai.

Selain mengonsumsi makanan diatas, anda pun disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, selalu menggunakan pelembab, dan rutin melakukan perawatan kulit dengan bahan alami. Selamat mencoba!