Ketika Si Kecil Tak Mau Berpisah dengan Moms

Merries Insight
14 Januari 2015
Umum
Share
Ketika Si Kecil Tak Mau Berpisah dengan Moms

Moms sedih ketika harus berpisah sementara dengan si kecil karena Moms harus bekerja? Sebagian ibu yang memiliki kesibukan pastinya pernah mengalaminya. Sebenarnya mungkin Moms hanya merasa bersalah karena telah meninggalkan si kecil meski hanya beberapa jam saja. Sebenarnya si kecil tidak merasakan ketidakhadiran Moms, terlebih lagi jika ia masih kecil. Namun ketika si kecil sudah berusia 6 hingga 9 bulan, si kecil sudah dapat membedakan mana ibunya dan mana yang bukan ibunya. Akan tetapi ia masih belum bisa membedakan keberadaan anda dan orang lain. Yang terpenting baginya adalah ia merasa nyaman. Saat si kecil berusia 18 bulan, si kecil sudah mulai menunjukan reaksi yang lebih keras setiap mengalami transisi. Misalnya, ia sudah paham dan mulai mengenal pengasuhnya. Jadi ketika mengalami pergantian pengasuh, ia mulai menunjukan reaksi.

Nah, Moms sebagai seorang ibu yang tentunya sangat menyayangi buah hati Moms pastinya ada kekhawatiran yang besar sehingga memunculkan kekhawatiran-kekhawatiran lainnya seperti bagaimana jika anak anda terjatuh, bagaimana jika pengasuh barunya berbuat ini-itu pada anak anda, dll. Solusinya, uji cobakan terlebih dulu dengan pengasuh yang baru. Lakukan dengan cara perlahan-lahan. Dampingi pengasuh baru bayi Moms. Lalu coba Moms tinggalkan sebentar. Jika si kecil terkondisikan dengan baik, alias tanpa rewel, berarti anda sudah dapat melepasnya bersama pengasuh. Jangan lupa beri pelukan dan ciuman ketika anda akan meninggalkannya.

Ketika si kecil sudah terbiasa ditinggal oleh Moms, usahakan untuk menghabiskan waktu bersama si kecil dengan hal-hal yang berkualitas. Misalnya, menyiapkan makanan spesial untuk si kecil di akhir pekan, lalu anda suapi sembari bermain dengan si kecil. Moms juga boleh mengajak si kecil berjalan-jalan bersama ayahnya ke tempat-tempat yang menarik seperti taman kota, tempat hiburan, kompleks rumah, tempat wisata terdekat, dan lain sebagainya.

Bagaimana Moms? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Moms, terutama Moms yang berprofesi sebagai wanita karir. Meski sibuk di kantor, tetap perhatikan keluarga, terutama anak-anak Moms.