Kenapa Ibu Hamil Sering Lebih dalam Menarik Napasnya?

Merries Insight
13 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Kenapa Ibu Hamil Sering Lebih dalam Menarik Napasnya?

Menjadi seorang ibu adalah hal yang tentu sangat menyenangkan. Apalagi bagi yang masih muda, dan memiliki anak adalah calon ibu yang tentu amat menggembirakan. Namun, ibu hamil juga seringkali memiliki banyak masalah dalam kehamilannya. Bukan hanya psikologis yang sudah mulai berubah, tapi juga fisik Moms akan diuji selama masa kehamilan, misalnya susah napas.

Moms, kalau Moms sering mengalami sesak napas berarti Moms masuk ke fase yang paling tidak menyenangkan. Namun, jangan salah ya Moms itu adalah salah satu usaha untuk bertahan selama kehamilan. Perjuangan menjadi Moms memang harus luar biasa. Sebab Ibu hamil susah napas itu rasanya adalah sangat tidak nyaman. Yuk, Moms kita simak ulasan mengenai penyebab-penyebab Ibu hamil susah napas.

Pertumbuhan Janin yang Membesar

Moms, Ibu hamil susah napas itu biasanya karena janin yang semakin membesar. Dengan semakin membesarnya janin, ibu akan semakin sesak. Kandungan yang besar akan memberatkan saat jalan dan beraktivitas.

Moms akan merasa lebih cepat lelah dan juga terengah-engah. Maka jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas yang berat dan melelahkan serta selalu berhati-hati saat beraktivitas. Kalau Moms sedikit saja terjatuh bisa sangat berbahaya untuk buah hati yang berada di dalam kandungan, lho.

Perubahan Hormonal

Sebab lain yang bisa menyebabkan Ibu hamil susah napas adalah perubahan hormonal. Perubahan hormonal yang dimaksud adalah hormon progesteron. Hal ini dapat menyebabkan paru-paru anda bergerak lambat. Jadi Moms jangan terlalu banyak aktivitas yang bisa membuat napas sesak. Moms yang sedang mengandung harus banyak-banyak istirahat dan juga mengonsumsi makanan sehat.

Jauhi makanan berpengawet, kosmetik yang berbahan kimia, dan senamlah untuk menguatkan janin. Kini banyak Moms, tempat yang menawarkan senam hamil. Ibu hamil susah napas tentu akan merasakan hal yang sangat tidak menyenangkan. Tapi nikmati setiap proses menjadi ibu ya Moms.

Beban Psikologis

Salah satu hal yang harus dipersiapkan Moms adalah mental dan fisik. Mental dan fisik sangat harus dipersiapkan. Sebab keduanya memang sangat erat. Psikologis juga penting, sebab Moms yang terlalu takut menghadapi kelahiran ini akan merasa sesak napas.

Sekadar tips saja, Moms harus banyak-banyak untuk melatih pernapasan ya agar saat persalinan sudah memiliki pengalaman dan sekaligus sudah tahu cara mengambil napas yang benar. Ibu hamil susah napas itu harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas Moms sehari hari.

Kesimpulannya, Moms harus rajin rajin untuk melatih diri agar tubuh tetap sehat dalam masa kehamilan. Jangan lupa melakukan kegiatan yang tidak terlalu melelahkan. Tetap semangat menjalani kehamilan. Ibu hamil susah napas itu anggap hal yang biasa ya Moms.