Kenali Penyebab Rasa Nyeri Pada Perut Sesuai Masa Kehamilan

Merries Insight
28 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Kenali Penyebab Rasa Nyeri Pada Perut Sesuai Masa Kehamilan

Memiliki buah hati adalah impian setiap wanita. Maka dari itu, banyak hal yang seharusnya bisa dilakukan agar saat si kecil masih dalam kandungan bisa tumbuh dengan sehat serta bisa berkembang dengan sempurna. Namun di saat kehamilan, Moms akan sering merasakan yang namanya rasa nyeri saat hamil.

Ketika Moms masih belum mengalami yang namanya kehamilan, tentu tak akan menyadari yang namanya perubahan rahim. Namun setelah hamil, Moms akan sangat menyadari kalau rahim sering mengalami aktivitas misalnya merenggang dan sebagainya. Hal tersebut tak usah dikhawatirkan karena hal itu adalah bukti bayi sedang berkembang. Rasa nyeri saat hamil adalah kondisi ketika anggota tubuh tertentu mengalami namanya nyeri akibat efek dari kehamilan. Yuk langsung saja kita kenali penyebab rasa nyeri saat hamil berikut ini:

Nyeri Otot Panggul

Rasa nyeri saat hamil bisa terjadi di bagian otot panggul. Otot panggul ini bisa terjadi rasa nyeri akibat otot ligament yang biasanya menopang rahim agar bisa berada di posisinya meregang sesuai dengan ukuran rahim yang ikut membesar.

Perenggangan yang akan nyeri yakni di tri semester awal. Hal ini sudah tentu membuat banyak Moms merasa panic. Namun nikmati saja ya Moms itu adalah bagian dari proses kehamilan. Banyak perjuangan termasuk rasa nyeri saat hamil.

Perubahan Posisi Janin

Ketika minggu ke 16 – 25 masa kehamilan ini juga anda akan merasakan yang namanya rasa nyeri saat hamil. Posisi bayi akan selalu berkembang dan berubah. Moms akan merasakan bayi akan menendang-nendang. Hal ini tentunya sebuah tanda kalau Moms bayinya aktif.

Kalau Moms ingin memiliki buah hati yang sehat dan sempurna, Moms harus rajin olahraga ringan dan jangan mengonsumsi makanan yang berpengawet. Rasa nyeri saat hamil ini pun juga akan memengaruhi anda termasuk mood. Nah anda bisa memeriksakan kandungan bila sakit atau rasa nyeri saat hamil ini sangat berlebihan.

Kontraksi Ringan Tak Teratur

Kontraksi adalah hal yang wajar bagi seorang Moms akibat dari kehamilan. Namun ada kalanya kontraksi tak teratur. Hal ini banyak sekali penyebabnya. Rasa stress juga sangat memengaruhi rasa nyeri lho Moms.

Sebaiknya saat kehamilan Moms menjauhi yang namanya stress dan aktivitas terlalu berat. Sangat disayangkan sekali kalau Moms terlalu capek karena itu merugikan kandungan Moms sendiri. Jaga kesehatan Moms dan juga kandungan Moms ya. Kontraksi yang terjadi kalau sudah tak sewajarnya bisa diperiksakan ke dokter kandungan.

Kesimpulannya banyak sekali penyebab rasa nyeri saat hamil. Pokoknya Moms harus selalu banyak melakukan olahraga dan harus menjauhi aktivitas berat sekaligus rasa stress agar kandungan sehat selalu. Semoga bermanfaat ya Moms.