Kenali Bahaya Asap Rokok Bagi Jabang Bayi

Merries Insight
12 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Kenali Bahaya Asap Rokok Bagi Jabang Bayi

Hai Moms, bagaimana kabar si jabang bayi di dalam kandungan? Sehat kah? Oh ya, apakah Moms punya tipe suami yang perokok? Wah, kalau sudah macam itu, harus diwaspadai lho Moms saat suami lagi merokok. Bahaya asap rokok bagi janin ternyata dapat mempengaruhi perkembangan janin di dalam rahim lho. Wah, ngeri juga ya Moms. Jadi, bagi ibu hamil hendaknya tidak berdekatan dengan seseorang yang sedang merokok karena hal ini bisa dikatakan kalau ibu hamil tersebut akan menjadi perokok pasif.

Seorang perokok pasif atau dalam kasus ini adalah ibu hamil memang sangat berbahaya karena saat ibu hamil secara tidak sengaja menghirup asap rokok yang beterbangan, maka asap rokok yang mengandung nikotin sangat berbahaya bagi janin yang di dalamnya. Permasalahan utama akan mengakibatkan beberapa dampak negatif saat janin ada di dalam kandungan. Tahukah Moms? Fakta tersebut juga didukung oleh Prof. Dr. Med Ulrich Whan, ahli pneumologi dan allergogy dari Jerman yang juga menghimbau agar ibu hamil menghentikan kebiasaan merokok atau berada di tengah-tengah perokok karena bisa meracuni janin dalam kandungannya. Sangat mengerikan ya, Moms.

Dari pernyataan tersebut, pasti sudah bisa dibayangkan oleh Moms, akan bahaya asap rokok bagi janin secara lebih mendetail. Pada dasarnya, efek asap rokok bisa mengakibatkan cacat fisik janin di dalam kandungan lho. Hal ini disebabkan karena asap rokok yang masuk akan menyebabkan mutasi gen yang pada akhirnya akan mempengaruhi perkembangan testis janin, kaki, bahkan yang paling parah Moms bisa mempengaruhi perkembangan otak si janin.

Selain itu, asap rokok juga yang mengandung nikotin itu bisa juga menyebabkan kematian bayi sebesar 23%. Wah, Moms pasti tidak menginginkan ini terjadi, bukan? Bahaya asap rokok bagi janin juga bisa menyebabkan berat badan janin mengalami penurunan lho, Moms. Penyebab kasus ini adalah adanya penurunan kinerja vasokonstruksi dan hipoksia janin sehingga supply darah ke placenta menurun Moms. Tentu saja, hal ini karena zat yang berbahaya yang terkandung di dalam asap rokok.

Di samping itu, bahaya asap rokok bagi janin mengakibatkan perkembangan organ pernafasan bayi terhambat sehingga memiliki potensi terjadinya penyakit asma bagi si kecil saat lahir, Moms.

Itulah beberapa bahaya asap rokok bagi janin yang patut diwaspadai. Sebagai ibu hamil, Moms harus memastikan kalau calon bayinya terhindar dari paparan asap rokok di sekitar sehingga si kecil lahir dengan memiliki kondisi yang sehat dan normal. Mengingat bahaya asap rokok bagi janin, bagi Moms yang sedang hamil dan memiliki suami yang merupakan perokok aktif, sebaiknya cobalah untuk menghindar dari suami saat merokok. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir dampak negatif dari perkembangan si janin. Yuk, jaga si kecil sejak dalam kandungan, Moms.