Kejutan Kecil Berarti Lebih untuk Si Kecil

Merries Insight
29 Oktober 2015
Tumbuh Kembang
Share
Kejutan Kecil Berarti Lebih untuk Si Kecil

Dads, anda pasti setuju dengan ungkapan, anak merupakan salah seorang yang paling penting dalam hidup kita. Nah, untuk menunjukkan kalau dirinya sangat berarti buat kita, tidak ada salahnya kok anda sedikit melakukan sesuatu yang bisa membuat si kecil selalu merasa spesial.

Seperti dilansir dalam She Know, sebuah penelitian membuktikan jika anak yang secara teratur mendapatkan kejutan kecil dari orang tuanya, terutama dari ayahnya, akan tumbuh menjadi anak yang periang dan penuh dengan percaya diri.

Selain itu, dalam penelitian yang sama pun disebutkan jika anak yang kerap mendapatkan kejutan kecil dari orang tuanya, akan selalu termotivasi untuk mendapatkan prestasi tinggi demi membahagiakan orang tuanya, sekaligus berharap kejutan kecil dari sang ayah.

Lantas, bagaimana cara membuat si kecil terus merasa spesial? Berikut merupakan beberapa hal sederhana untuk membuat mereka merasa selalu spesial dan termotivasi untuk terus menjadi yang terbaik bagi dirinya sendiri, keluarga dan lingkungannya.

  • Mengatakan kalau dia merupakan sosok spesial dan sangat berarti dalam hidup anda.
  • Memberikan hadiah khusus ketika ulang tahun, ketika si kecil mendapatkan sebuah prestasi atau ketika si kecil berhasil menambah pengetahuannya.
  • Selalu berusaha untuk menyediakan banyak waktu untuknya, terutama akhir pekan.
  • Berikan kejutan spesial
  • Sering melakukan kegiatan bersama, seperti berkebun, menonton film bersama, pergi berbelanja dengan seluruh anggota keluarga dan lainnya.
  • Memberikan si kecil kepercayaan untuk memilih dan melakukan apapun yang dia inginkan, dengan catatan, apa yang dilakukannya tidak membahayakan atau tidak menjurus kepada hal negatif.
  • Mendukung pengembangan bakat si kecil dengan memasukannya ke sanggar atau tempat kursus pelatihan bakat.
  • Mengajarkan untuk bertanggung jawab dengan apa yang dipilihnya.

Bukan Berarti Memanjakan

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan memanjakan si kecil. Hanya saja, metode pendidikan dengan memanjakan si kecil di rasa kurang cocok jika diterapkan kepada anak zaman sekarang. Untuk itu, harus dipahami jika memberikan banyak perhatian dan menunjukkan kasih sayang, bukan berarti memanjakan.

Dalam hal ini, anda masih tetap harus menegakkan aturan, dan mendorong si kecil untuk disiplin dalam menaati aturan yang anda buat. Dengan begitu, si kecil akan tumbuh menjadi anak yang penuh kasih sayang, tapi tetap tegas dan penuh tanggung jawab. selamat mencoba Dads!