Kapankah Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Bahasa Asing pada Si Kecil?

Merries Insight
08 Maret 2016
Umum
Share
Kapankah Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Bahasa Asing pada Si Kecil?

Sebagian besar keluarga muda ingin membesarkan Si kecil dengan 2 bahasa atau lebih. Ada bermacam alasan yang melandasi. Misal karena salah satu pihak orang tua merupakan orang asing, mendadak mesti tinggal di luar negeri, atau hanya karena ingin Si kecil menguasai bahasa asing sejak dini.

Tidak sedikit pula orang tua yang menyakini mengajarkan Si kecil bahasa asing akan menguntungkan bila dilakukan lebih dini. Karena orang tua mengira Si kecil akan lebih mudah menyerap bahasa baru tanpa perlu berusaha keras. Pernyataan tersebut memang ada benarnya. Namun, perlu Moms dan Dads tahu bahwa proses penyerapan bahasa baru tersebut tidak berlangsung begitu saja. Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan bahasa asing kepada Si kecil? Yuk cari tahu!

Waktu Tepat Mengajarkan Si Kecil Bahasa Asing

Adapun seorang ahli mengatakan, sebenarnya tidak ada kata terlambat atau terlalu cepat untuk mengajarkan bahasa asing kepada Si kecil. Hanya saja bahasa asing sebagai bahasa kedua akan terasa lebih mudah saat Si kecil berusia di bawah 10 tahun. Akan lebih mudah lagi untuk balita, dibanding orang dewasa yang mesti berupaya lebih besar mempelajari bahasa asing.

Setiap si kecil terlahir dengan kemampuan yang beragam, tidak terkecuali dalam mengenal ragam bahasa. Sebelum mengenalkan Si kecil bahasa asing, yang paling utama adalah Si kecil menguasai bahasa ibu sebagai bahasa utama untuk berkomunikasi sehari-hari. Setelah bahasa ibu dikuasai benar, Si kecil boleh dikenalkan dengan bahasa asing.

Setidaknya sampai SI kecil berusia 2 tahun, Moms dan Dads mengenalkan bahasa ibu secara dominan untuk berkomunikasi. Baru setelahnya, Moms dan Dads bisa mengenalkan bahasa asing sebagai bahasa kedua. Pasalnya Si kecil tentu membutuhkan sosialisasi dengan teman sebaya yang sama-sama menggunakan bahasa Indonesia. Akan tetapi, bila Moms dan keluarga berencana tinggal di luar negeri mungkin bisa mengenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

Saat Si kecil sudah menginjak usia 2 tahun ke atas, diharapkan Si kecil sudah mampu merangkai dan mengucapkan 3 kata sekaligus. Meski tidak jarang masih terbata-bata. Bila sampai usia 2 tahun kemampuan bahasa ibu Si kecil masih terbata-bata, pertimbangkan untuk mengenalkan bahasa asing. Moms dan Dads harap bersabar sampai Si kecil menguasai benar bahasa ibu mereka.

Adapun dalam hal ini ada beberapa poin yang mesti Moms dan Dads ketahui agar tidak terjadi kebingungan, diantaranya:

  • Konsisten
  • Tidak bercampur aduk
  • Sesuai tata bahasa
  • Pelafalan tepat