Jadi Vegetarian Saat Hamil, Bolehkah?

Merries Insight
10 Juni 2016
Umum
Share
Jadi Vegetarian Saat Hamil, Bolehkah?

Jawabannya adalah boleh. Mungkin, Moms sekalian yang sudah terbiasa atau menjalani hidup sebagai vegetarian merasa terbebani, karena ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk kesehatan kandungan, tidak biasa atau tidak bisa Moms makan. Atau, Moms sebelumnya bukan seorang vegetarian, dan mencoba gaya hidup ini saat hamil. Yang terpenting disini adalah Moms harus mampu mencukupi kebutuhan nutrisi dan menu makanan Moms harus direncanakan dengan matang.

Ada dua hal yang harus Moms dapatkan dalam jumlah cukup agar kehamilan menjadi lebih sehat. Dua hal tersebut adalah zat besi dan Vitamin B12. Zat besi dan Vitamin B12 sangat diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, yang akan membawa oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh Moms termasuk ke tubuh Si Kecil dalam kandungan juga. Sayangnya, dua zat ini banyak terdapat dalam makanan hewani, seperti ikan, daging dan ayam.

Untuk vegetarian, Moms tidak perlu khawatir, karena terdapat pengganti yang dapat menjadi solusinya.

  • Zat besi, Moms dapat memperolehnya dari sayuran hijau, kacang-kacangan atau sereal yang sudah ditambahkan kandungan zat besi. Bila Moms juga masih mengonsumsi telur, Moms juga dapat mengkonsumsinya untuk mendapatkan zat besi.
  • Vitamin B12, Moms dapat mengkonsumsi kedelai. Bila Moms masih mau mengkonsumsi produk sampingan hewani, seperti keju atau susu, Moms juga dapat memilihnya untuk mendapatkan asupan Vitamin B12.
  • Asam Folat juga penting untuk perkembangan otak Si Kecil. Untuk zat ini, Moms dapat memperolehnya dari jeruk, asparagus, bayam atau kacang tanah.
  • Vitamin D dan Kalsium, dua zat yang sangat berperan penting untuk perkembangan tulang Si Kecil sekaligus perkembangan organ dalam. Jus jeruk atau susu kedelai dapat menjadi sumber yang tepat untuk Moms konsumsi. Jangan lupa juga untuk berjemur di pagi hari, yaitu antara pukul 8 pagi hingga 11 siang. Berjemur di pagi hari akan merangsang tubuh untuk memproduksi Vitamin D yang cukup.

Sebelum melakukan diet vegetarian atau tetap mempertahankan gaya hidup vegetarian Moms selama kehamilan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pastikan tubuh dalam kondisi yang baik dan memang sehat untuk melakukan gaya hidup vegetarian ini. Biasanya, bila ditemukan kandungan zat besi dalam darah Moms kurang atau berada di level rendah, dokter akan menyarankan untuk menambah dengan suplemen zat besi. Hal ini juga diterapkan apabila nutrisi lainnya juga kurang.