Inilah Masalah Tidur yang Kerap Menghantui Bayi

Merries Insight
11 Oktober 2015
Tumbuh Kembang
Share
Inilah Masalah Tidur yang Kerap Menghantui Bayi

Moms, sudah larut malam begini kok si kecil masih belum tidur? Waduh, tenang Moms, si kecil bukan sedang di ajak main sama leluhurnya kok, mungkin saja ada beberapa hal yang sedikit mengganggu, sehingga si kecil sulit untuk memejamkan matanya.

Seperti dilansir dalam Parenting, masalah tidur tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi bisa masalah ini bisa menimpa siapa saja, termasuk kepada si kecil. Nah, agar bisa segera memberikan solusi mengatasi bayi yang sulit tidur, anda terlebih dahulu harus mengetahui masalah apa yang sedang menimpa si kecil.

Berikut merupakan beberapa masalah yang biasa menghantui si kecil sehingga dia tidak bisa tidur.

Merasa kotor

Sama seperti orang dewasa, bayi pun akan sulit memejamkan matanya jika tubuhnya tidak bersih. Untuk itu, coba lihat bagaimana popoknya, apakah sudah terlalu basah atau belum. Kalau popok si kecil masih bagus, mungkin pakaian yang digunakannya terlalu kasar, atau si kecil tidak nyaman dengan badannya yang penuh dengan keringat.

Untuk mengatasi masalah ini, coba bersihkan tubuh si kecil sebelum tidur dan gunakan pakaian yang lembut dan menyerap keringat. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan popok Merries agar kulit si kecil tetap kering dan nyaman, sehingga tidurnya pun akan lebih pulas.

Kamar yang tidak nyaman

Setelah memastikan si kecil bersih dan popok pun sudah menggunakan Merries, sekarang saatnya anda mengecek bagaimana kondisi kamar si kecil, dari mulai pengaturan suhu yang harus sesuai dengan suhu ruangan, pencahayaan yang tepat, sampai dengan lokasi peletakan boks bayi.

Jika semua faktor di atas sudah dipastikan aman, bisa dipastikan si kecil akan bisa lelap tertidur hingga pagi, tanpa acara bangun di tengah malam. Tapi kalau semua hal ini masih tidak membuat si kecil tertidur, mungkin ada masalah lainnya yang harus anda pecahkan.

Kondisi kesehatan

Beberapa masalah kesehatan seperti tubuh yang demam, flu, sakit perut, sembelit, atau masalah lainnya, akan membuat si kecil susah tertidur. Biasanya, masalah ini ditandai dengan si kecil yang berubah menjadi rewel, dan sulit untuk ditenangkan. Bahkan ketika di berikan puting susu pun, mereka biasanya menolak. Untuk mengatasinya, tentu saja dokter merupakan jawabannya.

Nah, bagaimana dengan Moms sendiri, apakah pernah berada dalam kondisi si kecil yang susah di ajak untuk tidur? Semoga saja dengan tips di atas, semua masalah yang mengganggu tidur si kecil bisa segera terselesaikan.