Inilah Masalah-Masalah Penghambat Kehamilan

Inilah Masalah-Masalah Penghambat Kehamilan

Moms, kehadiran anak merupakan impian yang sangat besar bagi pasangan menikah. Tapi sayangnya, banyak orang yang sudah menikah bertahun-tahun, tapi masih saja kesulitan untuk hamil, terlebih memiliki momongan. Kenapa sih bisa seperti ini?

Berikut merupakan beberapa masalah yang bisa menjadi penghambat Moms mengalami kehamilan.

Sumbatan pada saluran telur

Banyak hal yang bisa menyebabkan sumbatan pada saluran telur wanita, salah satunya adalah, karena adanya perlengketan di sekitar saluran telur. Kondisi ini sendiri biasanya terjadi karena sebelumnya Moms pernah terkena IMS dan radang panggul yang menyebabkan pertemuan sel telur dengan sperma menjadi terhambat.

Endometriosis

Endometriosis sendiri merupakan sel selaput lendir rahim yang tumbuh tetapi tidak dalam tempat yang benar. Contohnya saja pada indung telur. Kondisi ini ternyata dapat menimbulkan perlengketan yang terjadi di sekitar saluran telur atau organ reproduksi lainnya.

Stress

Kehidupan kaum urban semakin cepat dan penuh kompetisi. Hal ini tidak jarang membuat para pelakunya rentan terkena stres, terutama untuk wanita. Padahal sebanyak 17 persen wanita di dunia diketahui kesulitan hamil karena stres. Lebih jauh lagi, stres ini bisa menyebabkan gangguan ovulasi, spasme tuba fallopi, spermatogenesis serta menurunnya gairah untuk bercinta.

Kelainan Rahim

Jika diurut, banyak sekali penyakit yang merupakan kelainan rahim, seperti mioma atau polip dan lainnya. kondisi ini akan membuat timbulnya peradangan endometrium serta gangguan kontraksi rahim, serta mampu mengganggu transportasi spermatozoa. Alhasil, kalaupun Moms berhasil hamil, bisanya kehamilan ini hanya akan bertahan selama beberapa bulan saja (keguguran).

Selain itu, masih banyak lagi hal yang membuat Moms susah hamil, dari mulai kelainan genetik, masalah berat badan, gaya hidup yang tidak sehat dan berbagai hal lainnya. Untuk itu, jika Moms mengalami masalah ini, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter supaya mendapatkan gambaran masalah dan solusi yang harus Moms lakukan.

Tapi di antara semua itu, yang paling penting adalah, mempersiapkan diri untuk bisa menghindari kemungkinan-kemungkinan yang bisa menyebabkan Moms susah hamil dengan cara membentuk gaya hidup yang sehat, rajin berolahraga, jauhkan stres, miliki hubungan yang harmonis, bercinta sesering mungkin, dan tentu saja, Moms harus lebih sering berdoa kepada Tuhan. Setuju Moms?