Inilah Manfaat Dongeng Sebelum Tidur

Merries Insight
23 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Inilah Manfaat Dongeng Sebelum Tidur

Moms, seringkah membacakan si kecil dongeng sebelum tidur? Ternyata kegiatan ini sangat bermanfaat lho bagi si kecil. Dengan hal ini, ikatan antara Moms dan si kecil pun menjadi lebih erat. Hasilnya, si kecil akan terbiasa ada Moms di sisinya untuk membacakan dongeng sebelum waktu tidurnya. Nah, apa Moms ingin tahu apa sebenarnya manfaat dongeng sebelum tidur? Simak yang berikut ini ya Moms.

Banyak sekali Moms manfaat dongeng sebelum tidur bagi si kecil ini. Salah satunya dapat merangsang daya imajinasi dan kreativitas pada si kecil. Selain itu, si kecil juga dapat mempertajam daya pikir otaknya Moms. Membaca dongeng jauh lebih efektif untuk meruncingkan daya imajinasinya dibandingkan dengan menonton televisi.

Dari dongeng yang Moms bacakan, si kecil akan dapat membayangkan akan seperti apa gambaran tokoh-tokoh dalam cerita tersebut, akan tercipta situasi yang seperti apa dan bagaimana karakter dari masing-masing tokoh dalam cerita. Si kecil juga akan lebih tenang serta perlahan-lahan menangkap alur cerita.

Tak hanya itu Moms manfaat dongeng sebelum tidur, karena dengan media bercerita seperti ini, si kecil akan jauh lebih terikat dengan Moms. Sehingga, jika si hendak pergi tidur maka ia akan terbiasa mendengarkan dongeng yang Moms ceritakan. Selain itu, inilah beberapa manfaat dongeng sebelum tidur yang lain bagi si kecil:

  1. Dongeng dapat pula Moms jadikan sebagai media penanaman nilai-nilai seperti norma, etika, kepada buah hati. Bahkan dari dongeng si kecil pun akan mulai memiliki rasa empati. Selalu berikanlah ia pesan-pesan moral yang terkandung dalam cerita yang Moms bacakan, agar ia pun tahu mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak. Seperti kejujuran, etika terhadap orang tua hingga rasa rendah hati.
  2. Merangsang kecerdasan emosional si kecil. Dengan mendongengkan si kecil tema cerita tertentu, ia akan menemukan sesuatu yang dapat menggugah hatinya Moms. Sebagai contoh cerita tentang anak yang durhaka pada orang tuanya, otomatis si kecil akan merasakan perasaan simpatik terhadap tokoh cerita tersebut. Si kecil juga dapat merasakan perasaan sedih sesuai dengan isi cerita.
  3. Manfaat dongeng sebelum tidur lainnya ialah untuk menumbuhkan minat si kecil untuk membaca buku. Moms juga bisa memberikan si kecil buku dongeng dengan aneka gambar yang menarik. Sehingga si kecil pun dapat tertarik pada buku.

Nah Moms, sebenarnya banyak sekali bukan manfaat dongeng sebelum tidur bagi si kecil? Jadi, Moms mulai bisa menerapkan aktivitas ini. Selain itu, si kecil juga akan lebih terstimulasi otaknya, pengembangan daya imajinatif serta kemampuan visual si kecil juga dapat terangsang sempurna dengan kehadiran kegiatan mendongeng yang Moms lakukan. Pesan moral dari dongeng ini juga dapat mempengaruhi tingkah-polah si kecil lho Moms.