Inilah Cara Ajari Anak Bahasa Asing

Merries Insight
07 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Inilah Cara Ajari Anak Bahasa Asing

Memiliki kemampuan bahasa asing adalah nilai tambah seseorang dalam dunia pekerjaan dan pergaulan. Oleh karena itu, tidak heran jika para orang tua berusaha mengajari si kecil mereka bahasa asing, terutama bahasa Inggris sejak dini.

Sebenarnya, cara mengajari si kecil bahasa asing bukankah sesuatu yang rumit. Hal ini dikarenakan pada dasarnya si kecil telah memiliki kemampuan bahasa sedari lahir. Jadi, Moms tinggal mencari cara bagaimana cara mengembangkan kemampuan yang dimiliki si kecil.

Cara menstimulus si kecil menguasai bahasa asing yang dapat Moms lakukan sangatlah beragam. Hanya saja, tekadang si kecil merasa jenuh dan frustasi ketika menemui kesulitan bahasa. Belum lagi dengan kondisi psikis si kecil yang seringkali takut salah ucap atau salah menggunakan bahasa. Untuk mengatasi semua itu, cara mengajari si kecil bahasa asing berikut dapat Moms praktikkan sendiri di rumah.

Membiasakan si kecil terlibat dengan aktivitas berbahasa asing

Cara mengajari si kecil bahasa asing tidaklah susah, hanya dengan membiasakannya berbahasa asing sudah cukup melatih kemampuan bahasa mereka. Cara mudah yang dapat Moms praktikkan adalah dengan memutarkan musik berbahasa asing dan mengajaknya bernyanyi bersama. Membacakan cerita berbahasa asing atau mengajaknya melihat film asing juga dapat mempercepat anak menguasai bahasa asing.

Membiasakan si kecil berlatih bahasa asing

Berlatih bahasa asing yang paling efektif adalah dengan pembelajaran komunikasi di lingkungan keluarga. Moms bisa mengajari si kecil kata-kata sederhana sambil mempraktikkannya. Misalnya, Moms mengatakan shut down sambil mempraktikkan gerakan duduk dan beberapa kata asing lainnya.

Menyediakan fasilitas belajar bahasa asing

Materi bahasa asing yang digitalisasikan dalam bentuk game atau aplikasi bisa dijadikan cara mengajari si kecil bahasa asing yang menarik. Penggunaan media berbasis TIK akan menarik minat belajar si kecil, menciptakan suasana santai serta membuat kegiatan belajar bahasa asing lebih menyenangkan sehingga si kecil tidak mudah bosan. Akan tetapi, dalam penggunaan media belajar berbasis TIK Moms harus selalu mengawasi si kecil dan membatasi penggunaannya karena penggunaan terlalu lama akan merusak mata si kecil.

Mengirim si kecil ke tempat kursus bahasa asing

Cara mengajari si kecil bahasa asing yang satu ini mengharuskan Moms mengeluarkan biaya lebih. Nah, agar biaya yang Moms keluarkan tidak sia-sia, pastikan Moms memilih lembaga kursus yang memiliki kurikulum pembelajaran khusus anak dan menerapkan metode belajar sambil bermain yang menyenangkan.

Mengirimkan si kecil ke luar negeri

Mengirim si kecil ke luar negeri adalah cara mengajari anak bahasa asing yang paling cepat. Dengan membiarkannya tinggal di negara asing, anak akan terpaksa mempelajari bahasa asing dan mempraktekkinnya dalam kehidupan sehari hari. Jadi, tak heran jika banyak orang tua yang sengaja mengirim anaknya tinggal bersama keluarga di luar negeri.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajari anak bahasa asing. Bila Moms ingin si kecil pandai berbicara asing maka cara-cara di atas perlu Moms lakukan.