Ini Cara Tingkatkan Kualitas Sperma

Merries Insight
18 November 2015
Tumbuh Kembang
Share
Ini Cara Tingkatkan Kualitas Sperma

Dads, salah satu syarat utama agar bisa membuahi sel telur, hingga akhirnya terjadi kehamilan adalah, anda harus memiliki kualitas sperma yang sehat. Untuk mendapatkannya, mau tidak mau anda harus menghindari berbagai hal yang bisa menurunkan kualitas sperma, seperti stres, obesitas, kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol dan lainnya.

Selain itu, ada beberapa cara agar kualitas sperma anda semakin meningkat. Dilansir dalam healthmeup, berikut merupakan cara efektif untuk meningkatkan kualitas sperma anda.

Redakan stres

Hingga kini, banyak pakar kesehatan yang belum bisa menganalisa penyebab pasti dampak stres terhadap kualitas sperma. Tapi faktanya, banyak penelitian yang memperlihatkan jika stres dan kualitas sperma memiliki kaitan yang sangat erat. Salah satunya adalah penelitian yang di lakukan di Inggris, di mana pria yang tidak stres, memiliki kualitas sperma yang jauh lebih baik ketimbang pria stres.

Tambah asupan vitamin C

Tubuh yang kekurangan vitamin C, secara tidak langsung bisa menyebabkan sperma menggumpal. Kondisi ini terjadi pada 16 persen pria yang divonis mandul. Tidak hanya itu, banyak penelitian yang membuktikan jika suplemen vitamin C ampuh untuk meningkatkan kualitas sperma di kalangan pria perokok. Hal ini berkaitan dengan bentuk lain Vitamin C yang merupakan antioksidan.

Berhenti merokok

Merokok berkaitan erat dengan lamban dan rendahnya jumlah produksi sperma anda. Selain itu, penelitian pun telah membuktikan jika kasus keguguran meningkat sebanyak 64 persen jika salah satu dari Moms and Dads merupakan perokok berat. Selain itu, jangan lupa untuk membatasi konsumsi minuman beralkohol, mengingat minuman jenis ini bisa mengurangi jumlah sperma.

Jangan sering gunakan pelumas

Banyak pasangan yang lebih memilih jeli atau bahan pelumas lain untuk membuat hubungan intim terasa lebih lancar dan proses penetrasi tidak menyakitkan bagi wanita. Tapi tahukah anda jika kebiasaan ini justru bisa mengurangi kelincahan sperma, apalagi kalau anda menggunakan pelumas berbahan spermisida. Jadi mulai sekarang lebih baik anda maksimalkan poreplay untuk pelumasan yang maksimal.

Selain itu, masih banyak cara lainnya agar kualitas sperma anda menjadi lebih baik, seperti mengurangi menggunakan celana dalam ketat, menurunkan berat badan, dan lainnya. Nah kalau Dads sendiri bagaimana cara anda meningkatkan kualitas sperma?